Camat Kuantan Hilir, Yonsiswandri menyerahkan hadiah juara II bagi Pendekar Panjang BS.( ktc )

Meriam Onggang Parau Juara Rayon IV, Runner Up Pendekar Panjang Bukit Siguntur

Kamis, 14 Agustus 2014 - 11:23:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PULAU GODANG KARI – Jalur Meriam Onggang Parau yang hilir dijalan sebelah kanan dari desa Kepala Pulau Baserah kecamatan Kuantan Hilir berhasil menjadi juara pertama ajang pacu jalur kecamatan rayon IV, setelah dalam partai final mengalahkan jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari desa Pisang Berebus jalan sebelah kiri. Dengan demikian posisi kedua diraih jalur Pendekar Panjang Bukit Siguntur yang lagi naik daun.

Jalur Pendekar Panjang Bukit Siguntur belum mampu menandingi keperkasaan jalur Meriam Onggang Parau jalur papan atas asal Kuansing yang diharapkan mampu menandingi jalur-jalur asal Kabupaten Indragiri Hulu diajang pacu jalur event nasional 21 sampai dengan 24 Agustus mendatang di arena Tepian Narosa Teluk Kuantan. Hilir partai puncak dilepas langsung tanpa adanya ulangan, sementara perebutan tempat ketiga dan keempat sempat tertunda beberapa kali karena gagal dilepas.

Juara ketiga ditempati Tuah Koghi Dubalang Ghajo setelah dalam partai perebutan tempat ketiga dan keempat berhasill mengandaskan jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori, dengan demikian posisi keempat diraih oleh Ngiang Kuantan Cahayo Nagori. Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dipartai semi final sebelumnya dikalahkan Pendekar Panjang Bukit Siguntur , sedangkan Tuah Koghi Dubalang Ghajo dikalahkan oleh Meriam Onggang Parau.

Dengan keberhasilan ini Meriam Onggang Parau mendapat hadiah sau ekor kerbau ditambah uang pembinaan Rp 2 Juta rupiah, tonggol juara pertama dan piala bergilir. Sementara Pendekar Panjang Bukit Siguntur selaku juara kedua mendapat 1 ekor sapi ditambah uang pembinaan Rp 1.5 Juta dan tonggol kedua.

Sedangkan Tuah Koghi Dubalang Ghajo selaku juara ketiga mendapat 1 ekor sapi, uang pembinaan Rp 1Juta dan tonggol juara ketiga. Sementara Ngiang Kuantan Cahayo Nagori mendapat uang pembinaan Rp 4 Juta dan tonggol juara keempat. Juara kelima hingga kesepuluh yang ditentukan berdasarkan pencabutan undian juga menerima hadiah uang pembinaan dari panitia.

Pada putaran pertama hari ketiga ada enam  jalur yang berpacu dan satu bay. Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari desa Pintu Gobang Kari kecamatan Kuantan Tengah jalan sebelah kiri melawan Duri Bingkuang Rawang Panjang dari desa Pulau Kedundung kecamatan Kuantan Tengah jalan sebelah kanan,  hilir tersebut dimenangkan Tuah Koghi Dubalang Ghajo. Pacu kedua antara Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari desa Pisang Berebus kecamatan Gunung Toar melawan Pendekar Kuniang dari desa Pebaun Hulu kecamatan Kuantan Mudik, pacu hilir kedua ini dimenangkan Ngiang Kuantan Cahayo Nagori.  

Hilir ketiga antara jalur Power Agung dari desa Koto Gunung kecamatan Gunung Toar melawan jalur Pendekar Panjang Bukit Siguntur dari desa Pisang Berebus, dan hilir ini dimenangkan Pendekar Panjang Bukit Siguntur. Sedangkan Meriam Onggang Parau mendapatkan undian bay. Tiga jalur yang menang diputaran pertama ditambah pemenang bay melaju ke putaran kedua ( semi final )

Pada putaran kedua ( semi final ) dari hasil aduan, Tuah Koghi Dubalang Ghajo jalan sebelah kiri berhadapan dengan Meriam Onggang Parau jalan sebelah kanan, perpacuan pada hilir pertama ini dimenangkan Meriam Onggang Parau dan meloloskan jalur ini ke babak final merebut juara satu dan dua.

Hilir kedua antara Ngiang Kuantan Cahayo Nagori jalan sebelah kiri melawan jalur Pendekar Panjang Bukit Siguntur jalan sebelah kanan, hilir ini dimenangkan Pendekar Panjang  Bukit Siguntur, dengan Pendekar Panjang Bukit Siguntur berhadapan dengan Meriam Onggang Parau dipartai final.

Dengan kemenangan jalur Meriam Onggag Parau masih membuktikan peta kekuatan jalur di Kuansing masih berada ditangan jalur-jalur hilir asal sungai Kuantan seperti Kuantan Hilir dan Pangean, namun mereka dibayangi ketat oleh jalur asal hulu sungai Kuantan seperti Gunung Toar dan juga jalur tengah sungai Kuantan terutama dari Kuantan Tengah.

Namun peta kekuatan tersebut belum dapat terjadi di arena terbesar Tepian Narosa Teluk Kuantan. Karena tuah arena event nasional ini cukup keramat. Di arena ini jalur-jalur asal hulu sungai Kuantan sering berjaya dan membuktikan keperkasaannya. ( isa )

Juara Pacu Jalur Kecamatan Rayon IV

  1. Meriam Onggang Parau /Desa Kepala Pulau/HK
  2. Pendekar Panjang Bukit Siguntur/Desa Pisang Berebus/GT
  3. Tuah Koghi Dubalang Ghajo/Desa Pintu Gobang Kari/KT
  4. Ngiang Kuantan Cahayo Nagori/Desa Kampung Baru/GT
  5. Pendekar Kuniang Rajo Kuantan/Desa Pebaun Hulu/KM
  6.  Power Agung/Desa Koto Gunung
  7.  Duri Bingkuang Rawang Panjang/Desa Pulau Kedudung/KT
  8. Toduang Biso Rimbo Piako/Desa Pebaun Hilir/KM
  9. Panglimo Sati /Desa Toar /GT
  10. 10.  Garuda Baru/Desa Pulau Mungkur/GT

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT