Sebelum Bangun Perumahan, Developer Harus Ekpose

Sebelum Bangun Perumahan, Developer Harus Ekpose
Komplek Perumahan Kuantan Graha salah satu komplek perumahan terbesar dan diminati warga Teluk Kuant


TELUK KUANTAN - Permintaan perumahan dari warga saat ini cukup meningkat, namun developer yang ingin membangun perumahan diminta mengurus perizinan dan melakukan ekposes dihadapan instansi terkait.
Hal ini diingatkan Plt. Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing, Fakhruddin, ST yang dikonfirmasi terkait perkembangan usaha pembangunan perumahan khususnya di kota Teluk Kuantan. " Prosedurnya memang demikian, sebelum melaksanakan pembangunan harus mengurus perizinan dan ekpose,"ujarnya.
Dalam ekposes tersebut katanya, pihak developer akan mempresentasekan skema permodalan, skema pembayaran, penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta aspek lingkungan bagi sekitarnya. Dari ekposes ini nanti akan jelas kesiapan developer dalam membangun kompleks perumahan.
" Dari ekposes juga akan jelas, apakah investor dibalik developer perumahan merupakan modal dalam negeri atau ada investasi dari luar. Kalau ada dari luar, sudahkan mengacu pada pola investasi yang diterapkan pemerintah,"ujarnya.
Menurutnya, pihaknya pernah meminta investor orang Korea yang berniat membangun komplek perumahan untuk menggelar ekpose, namun tampaknya tidak terlaksana dan akhirnya tidak lagi beraktifitas.
Ekposes ini ujarnya bertujuan baik, agar  nantinya Pemkab yang akan memberi izin tidak mendapat tuntutan di kemudian hari akibat terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan. Dari ekpose ini nantinya, konsumen juga bisa melihat kemampuan developer dalam membangunan kompleks perumahan.
Begitu juga dengan masalah lingkungan, katanya, jika ada sebuah komplek perumahan bagaimana proses limbahnya agar tidak menganggu lingkungan sekitarnya. " Karena itu ekpose tersebut sangat diperlukan, karena dari situ akan terlihat kesiapan edebloper dalam membangunan usaha perumahan bagi warga,"ujarnya.
Pemkab ujarnya sangat mendukung kehadiran developer yang baik untuk membangun komplek perumahan, apalagi permintaan cukup baik. (isa )

Berita Lainnya

Index