Bupati-BPK Teken MoU Sistem Informasi Akses Data

Bupati-BPK Teken MoU Sistem Informasi Akses Data
Bupati H Sukarmis bersama Bupati dan Wako se-Riau

 

TELUK KUANTAN – Bupati H Sukarmis, Sabtu ( 13/10 )  lalu menandatangani MoU tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi, untuk akses data dan sosialisasi keputusan bersama tentang petunjuk teknis pelaksanaannya antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Riau dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota Se – Provinsi Riau serta Bank Riau Kepri.

Penandatanganan nota kesepahaman sistem informasi untuk akses data dan keputusan bersama ini dilakukan, berkenaan akan dimulainya akses data dari entitas dalam rangka  mendukung diterapkannya Elektronik  Audit (E-Audit).

“ Benar, Bupati menandatangani Nota Kesepakatan tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi, untuk akses data dan keputusan bersama tentang petunjuk teknis pelaksanaannya antara BPK RI dengan Pemprov, Kabupaten/ Kota Se Provinsi Riau serta Bank Riau Kepri di Pekanbaru,” ungkap Kasubag Humas Setdakab Kuansing, Suhaimi ketika dihubungi wartawan, Selasa (16/10) siang.

Selain Bupati ujarnya,  jajaran Pemkab Kuansing yang hadir ketua DPRD Kuansing Muslim, S.Sos, Setdakab Kuansing Drs.H. Muharman, M.Pd, Kepala Dinas, kepala Badan, Kepala Bagian yang bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Riau.

Menurutnya, nota kesepakatan ini akan dapat menjadi pedoman oleh pemerintah daerah dalam pengambilan data maupun BPK RI, karena selama ini pengambilan data  untuk melakukan pemeriksaan terhadap entitas yang dilakukan BPK masih manual.

“ Kalau masih manual tentu dalam pengumpulan data akan lama dan memerlukan waktu yang lama pula,” paparnya.

Karena itu dengan adanya teknologi, maka kendala atau kesulitan yang dialami itu akan dapat diatasi dengan pengelolaan sistem informasi untuk akses data. Karena tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan bisa lebih transparan, efisien dan akuntabel.

“ Saya kira dengan akses data yang dilakukan akan terjadi efisiensi sekaligus memberikan kemudahan, “ pungkasnya. (ktc1)

Berita Lainnya

Index