Bupati : Jaga 65 Ribu Ikan Yang Ditebar

Bupati : Jaga 65 Ribu Ikan Yang Ditebar
Bupati Kuansing H Sukarmis saat menebar ikan di da

Bupati : Jaga 65 Ribu Ikan Yang Ditebar

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis meminta tokoh masyarakat, tokoh adat dan warga sekitar Danau Kobun Nopi serta semua fihak menjaga 65 ribu bibit ikan yang telah ditebar. Jika perlu, panen perdana dilaksanakan bersama-sama dan dinikmati  bersama-sama pula, seperti yang dilaksanakan di Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi.

" Di desa Pangkalan Indarung ada sungai larangan, sekali dalam 3 tahun warga disana panen bersama, ikan pun dimakan bersama dalam sebuah acara sebagai bentuk syukur,”ujar Sukarmis saat menghadiri acara penaburan 65 benih ikan di danau Kobun Nopi, Kamis ( 27/9 ) siang.

Mengapa di Pangkalan Indarung ikan dapat berkembang biak di sungai larangan, menurutnya karena warga setempat kompak bersama-sama memelihara dan menjaganya. Jika ada yang yang mengambil ikan di sungai larangan tanpa izin, oleh masyarakat adat akan langsung dikenakan denda atau piutang dalam istilah adat.

" Harusnya di danau Kobun Nopi, warga-warga bersama tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemerintah kecamatan bersama-sama menjaga ikan yang sudah ditabur, seperti yang di Pangkalan Indarung. Kalau ada yang mengambil tanpa izin makan harus dikenakan piutang, dengan demikian benih ikan yag ditabur akan selamat dan hasilnya akan dinikmati bersama-sama pula oleh masyarakat. Karena itu jika mereka disana ( Pangkalan Indarung ) panen, Ikan Kapiyek sebesar ini ( kepalan tangan ), dagingnya juga manis dan enak,"ujarnya.

Sukarmis percaya 65 ribu ikan yang dilepas akan berkembang biak dengan baik jika dijaga secara bersama-sama. Pasalnya danau cukup luas untuk berkembang biak. Bayangkan panjang danau lebh kurang 2.4 kilomter, luas danau 125 meter dan kedalan danau di ujung 2.5 meter sementara di bagian hilir sedalam 5 meter, tempat yang baik bagi ikan berkembang biak.

" Kalau Kita jaga bersama-sama maka ikan yang ditebar akan beranak pinak bahkan melahirkan kembali, istilahnya beranak bercucu,"ujar Sukarmis.

Jika semua fihak dapat menjaga 65 ribu benih ikan yang ditebar di danau ini ujarnya, saat panen perdana 3 tahun mendatang, jika perlu mengundang orang dari Kementrian Perikanan dan Dinas Perikanan provinsi untuk panen bersama-sama dan makan bersama-sama warga yang ada disekitar lokasi. ( ktc1 )

 

Berita Lainnya

Index