Ikan Paweh

65 Ribu Benih Ikan Ditebar di Danau Kobun Nopi

Rabu,26 September 2012 - 02:24:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Dinas Perikanan Kuansing, Kamis ( 27/9 ) besok bakal menebar 65 ribu bibit ikan di danau Kobun Nopi Desa Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik. Benih ikan yang ditebar tersebut diharapkan menambah populasi ikan di danau ini.

 Hal tersebut dikatakan Kadis Perikanan Kuansing, Ir Emmerson, Rabu ( 26/9 ) . Penaburan 65 ribu benih ikan tersebut akan dilakukan langsung Bupati Kuansing H Sukarmis serta para pejabat lainnya.
" Acara ini akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Secara simbolis pak Bupati akan melepaskan bagian  ari 65 ribu benih ikan yang akan ditabur di Danau Kobun Nopi tersebut,"ujar Emmerson.
Penebaran benih ikan di danau Kobun Nopi tersebut ujarnya program rutin yang dilaksanakan Dinas Perikanan yakni restocking, atau penguatan jumlah populasi ikan dalam suatu wilayah perairan yang potensi berkembang biaknya ikan-ikan. Jadi kegiatan ini tidak hanya di Danau Kobun Nopi saja melainkan juga di perairan umumlainnya seperti rawa, sawah, tasik dan danau ditempat lainnya.
Khusus untuk penebaran bibit ikan di danau Kobun Nopi beber Emmerso terdiri dari 4 jenis masing-masing ikan Baung, Ikan Paweh, Pawes dan Patin. Pihaknya sengaja menebar jenis ini karena bernilai ekonomis dan sangat disukai oleh masyarakat. Dengan demikian warga sekitarnya akan turut serta menjaga dan mengembangkan biakan benih ikan yang telah ditebar ke danau Kobun Nopi tersebut.
" Untuk mari bersama-sama Dinas Perikanan menjaga benih ikan yang telah ditabur tersebut, agar selamat sampai besar, sehingga hasilnya nanti dapat dinikmati masyarakat,"ujarnya.
Pihaknya berharap dengan menebar 65 ribu benih ikan di danau tersebut akan menambah stok ikan yang ada di danau ini, apalagi dana ini cukup potensial sekali sebagai tempat pembesaran ikan. (ktc1)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT