Jenderal Israel: Assad Sulit Dilengserkan

Jenderal Israel: Assad Sulit Dilengserkan
Mayjen Yair Golan (Foto: IDF)

TEL AVIV – Petinggi militer Israel, Mayjen Yair Golan, memperkirakan Presiden Suriah Bashar al Assad akan bertahan lama berkuasa. Golan menyebut militer Suriah masih terlalu tangguh untuk dikalahkan pihak oposisi.
 
“Assad akan tetap berkuasa untuk bertahun-tahun ke depan. Saya tidak melihat ada kekuatan yang bisa melengserkannya saat ini,” ujar Golan dalam sebuah wawancara radio, seperti dikutip Reuters, Rabu (18/9/2013).
 
“Saya ingin Assad digulingkan dari kekuasaan. Bagi saya semakin cepat Assad jatuh semakin baik,” lanjut Golan.
 
Menurut Golan, ketangguhan militer Suriah tidak lepas dari campur tangan Rusia. Negeri Beruang Merah itu terus menyalurkan bantuan senjata kepada pasukan Suriah.
 
Rezim Bashar al Assad juga mendapat dukungan dari Iran dan kelompok Hizbullah. Tentara Iran dan militan Hizbullah terbukti ikut bertempur untuk Assad dalam konflik Suriah.
 
Kesempatan besar untuk menjatuhkan Assad datang saat Amerika Serikat (AS) mengancam akan menyerang Suriah. Namun, rencana itu akhirnya dibatalkan setelah Rusia campur tangan.
 
Golan merupakan pemimpin militer untuk wilayah utara Israel. Dia bertanggung jawab menjaga perbatasan Israel dengan Lebanon dan Suriah. (sumber : reuter/ozc )

Berita Lainnya

Index