Wagubri Direncanakan Buka Pacu Jalur

Wagubri Direncanakan Buka Pacu Jalur
Sekda Kuansing, Muharman, M.Pd saat menghadiri pencabutan undian pacu jalur. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Wagubri Drs HR Mambang Mit direncanakan akan membuka even pacu jalur nasional tahun 2013 di Lapangan Limuno Teluk Kuantan, Kamis (22/8) besok.

"Insya Allah, kita merencanakan Pak wagub yang akan membukanya," kata Ketua Panitia Pelaksana Pacu Jalur 2013, Drs H Erlianto MM disela-sela technical meeting dan pencabutan undian pacu hari pertama di Balai Diklat Teluk Kuantan, Rabu (21/8).

Untuk kehadiran Wagubri ini ujar Asisten I Setda Kuansing. pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemprov Riau. "Pak wagub baru berangkat ke Kuansing pada pagi besok," ujar Erlianto.

Selain Wagubri juga akan dihadiri unsur Muspida, dan  seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh Kepala Daerah di Riau dan provinsi tetangga juga akan diundang pada pembukaan pacu jalur even nasional ini. Tidak ketinggalan juga pembukaan pacu jalur ini akan dihadiri para pemuka masyarakat Kuansing, baik yang ada di kampung halaman maupun yang ada di perantauan.

Saat ini, panitia terus melakukan persiapan untuk mensukseskan even pacu jalur tahun ini, mulai dari persiapan acara di lokasi pembukaan, pengamanan hingga persiapan di arena pacu jalur. "Mari kita sukseskan even pacu jalur ini," ajak Erlianto.

Seperti biasa acara pembukaan even pacu jalur tersebut, diawali dengan pelaksanaan pawai budaya yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kuansing.


Sementara Sekda Kuansing, Drs H Muharman MPd mengingatkan seluruh masyarakat untuk tidak mencampur adukan politik dalam even pacu jalur ini. Dan masyarakat diminta untuk jangan mau saling memprovokasi jalur-jalur yang akan berpacu.

"Dalam pacu jalur ini, jangan ada unsur politis. Karena kita tidak ingin budaya pacu jalur kita ini yang sudah terkenal ke segala penjuru rusak gara-gara kepentingan politik tertentu, dan jangan rusak pacu jalur dengan hal-hal yang yang tidak membahagiakan kita," ujar Muharman.

Sekda Muharman menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan, ketertiban selama pelaksanaan pacu jalur berlangsung. "Ini adalah tradisi kita yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, maka dari itu, mari kita jaga keamanan dan kelancaran pelaksanaannya," imbau Sekda.

Tahun ini, sebanyak 128 jalur memastikan diri berpartisipasi pada even pacu jalur naisonal. Sekda Muharman mengapresiasi jalur-jalur yang berpartisipasi tersebut, termasuk jalur-jalur yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu. "Oleh sebab itu, mari kita berpacu dengan sportif. Jangan saling mengejek dan jangan saling menghina. Tanamkan ini kepada anak pacu kita," pungkasnya.( idi susianto )

Berita Lainnya

Index