Suhu Udara di Jepang Tembus Rekor 41 Derajat Celcius, 9 Orang Tewas

Suhu Udara di Jepang Tembus Rekor 41 Derajat Celcius, 9 Orang Tewas
ilustrasi detik.com

TOKYO  - Cuaca panas terus melanda Jepang. Suhu udara hari ini di banyak wilayah Jepang tercatat mencapai rekor 41 derajat Celcius. Sebelumnya, sedikitnya 9 orang telah tewas akibat cuaca panas akhir pekan lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (12/8/2013), badan cuaca Jepang hari ini mengeluarkan peringatan cuaca panas untuk 38 dari total 47 prefektur di Jepang. Warga pun diimbau untuk banyak minum air dan menggunakan pendingin udara.

Temperatur udara yang meningkat telah menyebabkan kematian setidaknya sembilan orang pada Sabtu, 10 Agustus dan Minggu, 11 Agustus kemarin. Sebelumnya, suhu panas di Jepang juga menewaskan sedikitnya 12 orang pada bulan lalu.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, suhu udara 41 derajat Celcius tercatat pada pukul 13.42 waktu setempat di Shimanto, kota di Pulau Shikoku, Jepang barat. Suhu tersebut merupakan rekor tertinggi, mengalahkan rekor suhu 40,9 derajat Celcius pada Agustus 2007 silam yang tercatat pada dua kota di Jepang tengah.

Selama tiga hari berturut-turut ini, suhu udara telah meningkat di atas 40 derajat Celcius di banyak wilayah Jepang.( AFP/detik.com )

Berita Lainnya

Index