Agar Selesai Sebelum Maghrib, Sesuai Kesepakatan Pukul 2 Pacu Jalur Dimulai

 Agar Selesai Sebelum Maghrib, Sesuai Kesepakatan Pukul 2 Pacu Jalur Dimulai
Pemacu Pendekar Panjang Bukik Siguntur usai berpacu dengan Ngiang Kuantan Cahayo Nagori hari kedua k

TELUK KUANTAN - Agar final pacu jalur kecamatan rayon IV Rabu ( 3/7 ) siang hingga sore ini  selesai sebelum Magrib, maka panitia bersama wakil jalur bersepakat bahwa ada atau tidak wakil jalur di pancang start dan pancang finish hilir pertama akan segera dimulai tepat pukul 2 siang. Kesepakatan tersebut bahkan dibuat dalam bentuk berita acara yang ditandatangani wakil jalur dan Panpel.

Hal tersebut tercapai antara Panpel dan wakil  jalur sebelum undian dilaksanakan, Rabu pagi tadi. Sebab sebagaimana disampaikan Ketua Umum Pacu Jalur Rayon IV, Thamsir Ali salah satu penyebab terulurnya pacu jalur hari kedua Selasa ( 2/7 ) kemaren disebabkan masih ada wakil jalur yang belum datang dipancang finish dan star hingga pukul 2 siang. Hal ini merupakan hasil rapat evaluasi Panpel Selasa malam.

" Untuk menyukseskan pelaksanaan pacu jalur, usai pacu mulai hari pertama hingga hari kedua Panpel selalu melakukan evaluasi untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada,"ujarnya.

Menurutnya mengapa pacu jalur hari kedua kemaren terpaksa dimulai pada pukul 3 sore dan berlangsung hingga Maghrib tiba. Karena terjadinya permasalahan tersebut . padahal sebagai umat Islam seharusnya pada saat Maghrib dihentikan sementara. Namun bagaimana akan dihentikan, karena hari telah larut malam, karena bisa menganggu jadwal pacu selanjutnya.

Pada babak final hari ini ujarnya, diharapkan hal tersebut tidak terulang. Panitia pelaksana ujarnya, mengharapkan pengertian dari pengurus jalur akan kondisi tersebut. Karena bagaimanapun, selain mensukseskan event ini pelaksanaan ibadah sebagai umat Islam tidak boleh terlalaikan.

"Tolong dan Kita pengertian wakil jalur sudah harus stand by dipancang start dan pancang finish saat waktu yang ditentukan pada pukul 2 siang,"ujarnya memohon pengertian soal ini.

Disamping itu ujarnya, dari hasil evaluasi keterlambatan juga disebabkan sering terjadinya hilir gagal. Pada putaran I hari kedua kemaren nomor urut 1 - sampai 11 gagal berulang kali, hanya 4 hilir yang sukses. Ini tentu saja memakan waktu. Namun Kita tegaskan kembali kepada pengurus jalur, jika hilir gagal sebanyak 3 kali, maka hilir keempat merupakan putusan panitia.

" Tolong wakil-wakil jalur yang hadir saat pencabutan undian menyampaikan ke pengurus lain, agar tidak terulang permasalahan-permasalahan serupa tidak terulang lagi demi kesuksesan pacu jalur sesuai harapan Kita bersama,"ujarnya.

Pancang Diselamatkan

Dalam kesempatan tersebut Thamsir Ali juga menyatakan, pada Selasa sore Panpel terpaksa mengamankan 3 pancang disebabkan naiknya air sungai Kuantan. Agar pancang tidak hanyut diterjang bangkar ( sampah ) maka pancang yang ada diketepikan. Rabu pagi pancang tersebut kemudian dipasang lagi. Untuk masalah pancang ini, fihaknya juga meminta wakil jalur dan Panpel untuk turun bersama-sama menyaksikan kelapangan secara langsung.

Ia juga berharap, pacu jalur tidak hanya dimaknai untuk mengejar kemenangan semata, melainkan ajang untuk mempererat silahturahmi dan persatuan antar sesama masyarakat. Malah mempererat Ukhuwan inilah yang paling penting difahami. Karena jika hadiah yang diutamakan, belum tentu hadiah yang diperoleh sebanding dengan operasional selama mengikuti pacu jalur.

" Mari Kita jadikan ajang pacu jalur sebagai ajang silahtturahmi dan mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan sebagai keluara besar Kuansing,'ujarnya. ( isa )

Undian Pacu Jalur Hari Ketiga ( Final )
Putaran I Pacu Jalur Kecamatan Rayon IV
Di Tepian Datuk Simambang Rajo Nan Putiah, 3 Juli 2013

1. Siposan Rimbo RAPP/ Pauh Angi Pangean vs Delima Indah Permata Kuantan BKD Kuansing/ Saik KM
2. Meriam Onggang Parau/Kepala Pulau KH vs Ngiang Kuantan Cahayo Nagori/ Kampung Baru GT
3. Pulau Laghe Mandulang Untuang/ Pulau Madihan KH  vs Tuah Inayan Mandulang Untuang/Pulau Aro KH
4. Tapak Godang Sungai Gorakkan/ GT vs Juragan Kuantan/ Seberang Gunung GT
5. Lintasan Kelok Agung Sako Pangean vs Duri Bingkuang Rawang Panjang/Pulau Kedundung KT
6. Pendekar Kuniang Pebaun Hulu KM vs Ombak Nyalo Simutu Olang/Pulau Tongah Pangean

Berita Lainnya

Index