Helikopter Ahmadinejad mendarat darurat

Helikopter Ahmadinejad mendarat darurat
Ahmadinejad. ( bbc/dtc/ktc )

Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengalami insiden menjelang masa jabatannya berakhir.

Helikopter yang membawa Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad dan sejumlah pejabat pemerintah Iran dilaporkan melakukan pendaratan darurat di sebuah kawasan pegunungan sebelah utara Iran.

Situs resmi kepresidenan Iran mengatakan tidak ada yang mengalami luka akibat insiden pendaratan hari Minggu (02/06) ini.

Pilot helikopter tersebut dilaporkan mampu melakukan pendaratan darurat dengan baik di kawasan pegunungan Alborz.

Saat insiden terjadi, Presiden Ahmadinejad bersama rombongannya tengah berada dalam perjalanan menuju Provinsi Mazandaran untuk meresmikan tiga proyek jalan raya termasuk salah satunya adalah sebuah terwongan jalan terbesar di negara itu.

"Presiden dan delegasi yang menyertainya berada dalam kondisi selamat dan helikopter yang mengalami kecelakaan masih berada di lokasi untuk menjalani perbaikan," tulis situs kantor berita Mehr.

Sejauh ini masih belum jelas apa yang menyebabkan helikopter yang dinaiki Ahmadinejad melakukan pendaratan darurat.

Masa tugas berakhir

Setelah helikopter yang ditumpanginya mengalami gangguan, Ahmadinejad dilaporkan kembali ke Tehran melalui perjalanan darat.

Ahmadinejad pada Agustus nanti akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Presiden Iran.

Dia sebelumnya sudah dua kali terpilih sebagai Presiden dan tidak diperkenankan untuk kembali mencalonkan diri pada pemilu tahun ini.

Konstitusi Iran memang hanya membolehkan warga negaranya menduduki posisi sebagai Presiden dalam dua periode saja.

Untuk pemilu tahun ini sudah ada delapan kandidat yang akan bersaing meperebutkan posisi nomor satu di Iran.

Salah satu sekutu Ahmadinejad, Esfandiar Rahim Mashaei gagal melaju sebagai salah satu kandidat presiden setelah pencalonannya ditolak oleh Dewan Garda, hal yang juga dialami oleh mantan presiden Iran, Akbar Hashemi Rafsanjani. ( bbc/dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index