Jalur Langkah Siluman Buayo Danau Juara Pacu Jalur Kecamatan Gunung Toar

Jalur Langkah Siluman Buayo Danau Juara Pacu Jalur Kecamatan Gunung Toar
Jalur Langkah Siluman Buayo Danau ( kanan )

TELUKKUANTAN - Jalur Langkah Siluman Buayo Danau dari Desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah akhirnya keluar sebagai juara 1 Pacu Jalur 2024  Kecamatan Gunung Toar.

Dalam babak final Minggu (1/6/24) di Tepian Pantai Desa Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar, Jalur Langkah Siluman Buayo yang berada dijalan sebelah kiri mengalahkan Jalur Selendang Putie Bukit Keramat dari Desa Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar. Dengan hasil ini Jalur Selendang Putie Bukit Keramat meraih juara kedua.

Pada babak semifinal Jalur Langkah Siluman Buayo Danau mengalahkkan Jalur  Juragan Kuantan 2024. Sedangkan Jalur Selendang Putie Bukit Keramat mengalahkan Jalur Lintah Jalang 2024.

Pada babak perempat Jalur Langkah Siluman Buayo Danau mengalahkan Jalur Harimau Paing Tuah Nagori dari Desa Pulau Banjar Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Sedangkan Jalur Selendang  Putie Bukit Keramat mengalahkan Jalur Bintang Emas Cahaya Intan dari Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan.

Sementara mengingat waktu perebutan juara ketiga dan keempat antara Jalur Lintah Jalang 2024 dan Juragan Kuantan 2024 dilaksanakan melalui musyawarah yang merupakan hasil kesepakatan kedua perwakilan Jalur. Akhirnya juara ketiga diraih Jalur Lintah Jalang 2024 dan juara keempat Juragan Kuantan 2024.

Begitu juga dengan penentuan juara 5 sampai 10. Penentuan juara diakukan melalui pencabutan undian yang diikuti oleh Jalur-jalur yang kalah pada babak perempat final seperti Jalur Harimau Paing Tuah Nagori dari Desa Pulau Banjar Kari Kecamatan  Kuantan Tengah, Jalur Bintang Emas Cahaya Intan dari Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan,  Jalur Rajo Bujang dari Desa Padang Tanggung Kecamatan Pangean dan Jalur Pangeran Fortuna dari Desa Pulau Rumput Kecamatan Gunung Toar.

Pacu Jalur Rayon Kecamatan Gunung Toar dibuka, Jumat (30/5/24) oleh Bupati Kuansing, Suhardiman Amby. Dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa Budaya Pacu Jalur yang sudah masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN), diharapakan dapat menjadi momentum menggerakkan perekonomian bagi masyarakat Kuansing. 

Hal itu menjadi tujuan dari Pemerintah Daerah untuk mengadakan pacu jalur di setiap rayon atau Kecamatan. Selain itu juga sembari mempromosikan keunikan pacu jalur sehingga menjadi trending topik bagi wisatawan lokal maupun luar. 

“Saya berharap Festival Pacu jalur mampu menggerakkan roda masyarakat, khususnya Gunung Toar”, ucap Bupati Kuansing yang akrab disapa Datuk Panglimo Dalam itu. 

Turut mendampingi Suhardiman Amby saat itu anggota DPRD Provinsi Riau Sardiyono, Pj Sekda Kuansing dr Fahdiansyah, Kapolres Kuansing AKBP Pangcap Priyo Siegito dan undangan lain.( ms )

Urutan juara

1. Jalur Langkah Siluman Buayo Danau/ Desa Sitorajo Kari/Kec.Kuantan Tengah

2.Jalur Selendang Putie Bukit Keramat/ Desa Teluk Beringin/Kec. Gunung Toar

3. Jalur Lintah Jalang 2024/Desa Petapahan/Kec. Gunung Toar

4. Jalur Juragan Kuantan 2024/Desa Seberang Gunung/Kec. Gunung Toar

5. Jalur Harimau Paing Tuah Nagori/ Desa Pulau Banjar Kari Kec. Kuantan Tengah

6.Jalur Bintang Emas Cahaya Intan/ Desa Tanjung /Kec. Hulu Kuantan

7. Jalur Rajo Bujang/ Desa Padang Tanggung/ Kec. Pangean

8. Jalur Pangeran Fortuna/ Desa Pulau Rumput/Kec. Gunung Toar.

9. Jalur Tuagh Koghi Dubalang Ghajo/Desa Pintu Gobang Kari/Kec. Kuantan Tengah

10 Jalur Palimo Olang Putie/Desa Sungai Alah/Kec. Hulu Kuantan

Berita Lainnya

Index