Portugal akan pecat ribuan PNS

Portugal akan pecat ribuan PNS
bbc indonesia

BBCIndonesia.com - detikNews

Kebijakan penghematan anggaran memicu aksi protes besar di Portugal.

Portugal berencana memangkas 30.000 pegawai negeri sipil dan meningkatkan usia pensiun menjadi 66 tahun.

Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi persyaratan dana bantuan.

Perdana Menteri Pedro Passos Coelho mengatakan jam kerja pegawai negeri sipil juga akan ditingkatkan menjadi 40 jam sepekan dari sebelumnya 35 jam.

Usulan, yang kemungkinan besar akan mulai berlaku tahun depan, bisa menghemat anggaran sebesar 4.,8 miliar euro selama tiga tahun, katanya.

"Dengan kebijakan ini, rekan Eropa kita tidak akan meragukan komitmen kita untuk mendapatkan dana bantuan kata Coelho dalam sebuah pidato Jumat dini hari.

"Keraguan akan mengganggu kredibilitas yang telah kita miliki saat ini, tambahnya.

Portugal menerima dana bantuan sebesar 78 miliar euro dari Perserikatan Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF di tahun 2011. ( bbci/dtc/ktc )

Pajak tidak naik

Angka pengangguran di Portugal saat ini mendekati 18% - rekor tertinggi - dan ekonomi diperkirakan akan menyusut untuk tiga tahun berturut-turut di tahun 2013 ini.

Bulan lalu, Mahkamah Konstitusional Portugal menolak usulan pengajuan pemangkasan sebesar 1 miliar euro, termasuk penangguhan bonus liburan bagi pekerja sektor publik dan para pensiunan.

Keputusan itu membuat pemerintahan tengah-kanan mencari cara lain untuk berhemat - meski telah mengesampingkan opsi menaikkan pajak.

"Kami tidak akan menaikkan pajak untuk mengkoreksi masalah anggaran yang ditimbulkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi, kata Coelho.

"Caranya adalah melalui pengurangan struktural untuk belanja publik.

Tetapi kebijakan penghematan ini terbukti tidak populer dan memicu serangkaian protes besar.

Partai Sosialis, oposisi utama Portugal menuduh penghematan berlebihan yang dilakukan Coelho didorong untuk mengejar program ideologis.

(bbc/bbc)

Berita Lainnya

Index