Micahel Hartono Orang Paling Kaya di Indonesia 2023, Punya Harta Rp720 Triliun

Micahel Hartono Orang Paling Kaya di Indonesia 2023, Punya Harta Rp720 Triliun
Micahel Hartono : Foto: Rifkianto Nugroho/Detik Finance

JAKARTA – Hartono bersaudara masih menjadi orang paling kaya di Indonesia 2023 versi Forbes. Nama Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menempati peringkat pertama dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2023 yang dirilis Forbes.

Melansir CAKAPLAH.Com yang mengutip Forbes, Jumat (8/12/23), Hartono bersaudara memiliki kekayaan USD48 miliar setara Rp720 triliun (kurs Rp15.000 per USD). Kekayaan orang terkaya di Indonesia ini naik tipis jika dibandingkan hartanya tahun lalu yang sebesar USD47,7 miliar.

Hartono bersaudara memperoleh sebagian besar kekayaannya dari investasinya di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Keluarga Hartono membeli saham BCA, setelah keluarga Salim, kehilangan kendali atas bank tersebut selama krisis ekonomi Asia tahun 1997-1998.

Sementara itu, akar kekayaan keluarga Hartono bersaudara berasal dari perusahaan rokok kretek Djarum. Perusahaan produsen rokok ini dimulai oleh ayah mereka dan kini dijalankan oleh Budi, Victor.

Aset keluarga Hartono bersaudara termasuk merek elektronik Polytron dan perusahaan real estat utama di Jakarta. Kakak beradik ini mendaftarkan Global Digital Niaga, induk dari raksasa e-commerce Blibli dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp8 triliun (USD510 juta) dalam IPO terbesar kedua di Indonesia pada tahun 2022.( ktc )

Berita Lainnya

Index