Perjuangan Dramatis Tuah Keramat Bukit Embun, Tertatih Diputaran Pertama Akhirnya Juara

Perjuangan Dramatis Tuah Keramat Bukit Embun, Tertatih Diputaran Pertama Akhirnya Juara
Jalur Tuah Keramat Bukit Embun

TELUK KUANTAN - Tepat pada pukul 18.00 Wib, Minggu (27/8/23) dewan hakim mengumumkan Jalur Tuah Keramat Bukit Embun sebagai juara Pacu Jalur Tradisional Event Nasional Tahun 2023 di Gelanggang Tepian Narosa Teluk Kuantan. Sedangkan juara kedua Jalur Cakaran Garuda Muda.

Keberhasilan Jalur Tuah Keramat Bukit Embun membuat piala bergilir Mentri Pariwisata tetap bersemayam di Indragiri Hulu ( Inhu ). Sebelumnya pada tahun 2022 lalu Jalur Tuah Keramat Sialang Soko juga asal Inhu meraih juara pertama. Tuah Keramat Bukit Embun sendiri tahun 2022 lalu meraih juara ketiga.

Perjuangan Jalur asal Desa Gumanti Peranap Inhu ini meraih juara sungguh dramatis. Sempat tertatih-tatih pada putara pertama hari final.  Pacu mereka dengan Jalur Alam Cahayo Tuah Naghogi dari Desa Sikakak Cerenti Kuansing diakhiri diakhiri dengan dramatis. 

Suporter Jalur Tuah Keramat Bukit Embun

Karena kedua  haluan Jalur menyentuh garis dengan finis setipis kulit bawang. Sunguh sulit ditentukan siapa pemenangnya saat itu secara kasat mata. Ada yang menyebut Jalur Alam Cahayo Naghogi yang unggul dan sebaliknya ada yang menyebut Tuah Keramat Bukit Embun yang unggul. Dewan hakim lantas mengajak kedua perwakilan Jalur melihat layar monitor.

Saat-saat mendengar keputusan dewan hakim atas siapa pemenangnya, pemacu kedua Jalur tampak tertunduk lesu penuh ketegangan. Saat Tuah Keramat Bukit Embun diumumkan sebagai pemenang sejumlah pemacunya tampak tak kuasa menahan tangis karena begitu larut dalam suasana emosional.  

Tuah Keramat Bukit Embun satu dari dua Jalur asal Inhu yang berhasil lolos dan melaju keputaran kedua. Jalur Inhu lainnya yakni Olang Buas dari Desa Kuantan Tenang.

Keberentungan berpihak pada mereka dari hasil undian putaran kedua. Jalur Tuah Keramat Bukit Embun mendapat undian bay dan tiket masuk ke semi final langsung terbuka lebar sekaligus dapat menghemat tenaga.

Pada putara semifinal Jalur Tuah Keramat Bukit Embun berhadapan dengan Jalur Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari  Desa Pulau  Jambu Kecamatan Cerenti Kuansing. Berpacu pada posisi  jalan sebelah kanan,  Jalur Tuah Keramat Bukit Embun berhasil menang dan melaju ke babak final.

Dipartai final Jalur Tuah Keramat Bukit Embun berhadapan dengan Jalur Cakaran Garuda Muda. Berpacu dijalan sebelah kanan Jalur Tuah Keramat Bukit Embun  yang para pemacunya sering menggemakan kalimat Tauhid berhasil menekuk Cakaran Garuda Muda dan sekaligus berhak menyandang gelar Juara Pacu Tradisional Event Nasional Tahun 2023. (  isa )

Peringkat Juara

1. Tuah Keramat Bukit Embun/Gimanti/Inhu

2. Cakaran Garuda Muda/ Sungai Pinang,/Hulu Kuantan

3.Sijontiak Lawik Pulau Tanamo/Pulau Jambu/Cerenti/Kuansing

4.Bintang Emas Cahaya Intan/Tanjung/Hulu Kuantan/Kuansing

5.Olang Buas/Muantan Tenang / Inhu

6.Upae Saghok Ghimbo Dusun/Kampung Tengah/ Kuantan Hilir/Kuansing

7.Selendang Putie Bukit Keramat/Teluk Beringin/Gunung Toar/Kuansing

8. Tanjung Ghasau Benteng Batuah/Pematang/Inhu

9. Alam Cahayo Tuah Nagoghi/ Sikakak/Cerenti/ Kuansing

10. Seroja Indah Rawang Duri/Kampung Tengah/Kuantan Hilir/Kuansing

11. Langkah Siluman Buayo Danau/Sitorajo/Kuantan Tengah/Kuansing

12. Siposan Rimbo/Pauh Angit/Pangean/Kuansing

13. Singa Kuantan/ Sungai Pinang/Hulu Kuantan/Kuansing

14. Batu Hijau Tuah Negeri/Batu Rijal Barat/ inhu

15. Rajo Rimbo Kumayang/ Pulau Ingu/ Benai/ Kuansing

Berita Lainnya

Index