Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 Resmi Digelar Diikuti 193 Jalur

Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 Resmi Digelar Diikuti 193 Jalur

TELUK KUANTAN - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto resmi membuka Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 di Lapangan Limuno Kota Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (23/8/23). 

Diinformasikan, pada event pacu jalur yang digelar di Tepian Narosa ini akan berlangsung selama lima hari 23 sampai dengan 27 Agustus 2023 yang diikuti o 193 jalur, baik dari Kabupaten Kuansing maupun jalur dari kabupaten lain yang ada di Riau. 

Tahun ini, Festival Pacu Jalur Tradisional mengambil tema "Sarontak Bakayuah Nagori Bermarwah". Yang memiliki makna, bahwa dengan mendayung bersama, apa yang dicita-citakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuansing dapat dicapai. 

Sekdaprov Riau berharap pergelaran pacu jalur 2023 di Kota Jalur dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat Kuansing, terutama dalam pertumbuhan ekonomi. 

"Bismillahirrahmanirrahim, Fetival Pacu Jalur Tradisional 2023 dinyatakan resmi dibuka. Semoga pacu jalur dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM," ujar SF Hariyanto. 

Sementara itu, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby menjelaskan bahwa pacu jalur merupakan budaya masyarakat yang turun temurun dan hingga saat ini masih digelar dan ada dihati masyarakat Kuansing. 

Dalam kesempatan itu, Suhardiman Amby tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov Riau, dan stakeholders atas dukungannya dalam mensukseskan budaya masyarakat Kuansing yang hingga hari ini sukses diger. 

"Kuansing merupakan daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat. Pacu jalur akan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarskat di Kuansing," ujarnya. 

Serangkaian dengan acara itu, Sekdaprov Riau juga menyerahkan bantuan Festival Pacu Jalur Tradiaional 2023 dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Bupati Kuansing, Suhardiman Amby sebesar Rp 250 juta. ( sumber :MCR )

Berita Lainnya

Index