Semarak Idul Fitri 1444 H, 350 Perahu Meriahkan Pacu Perahu Sardiyono Open II

Semarak Idul Fitri 1444 H, 350 Perahu Meriahkan Pacu Perahu Sardiyono Open II
Sardiyono menyerahkan piala bergilir

TELUK KUANTAN - Anggota DPRD Kuansing, Sardiyono kembali menggelar Pacu Perahu. Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan  Hari Raya Idul Fitri.

Pacu Perahu Sardiyono Open digelar di Rawang Mudiak Tobek ditaja Ikatan Pemuda dan Pemudi Desa Teberau Panjang, Minggu (23/4/23).

Pacu Perahu dibuka Sardiyono. Hadir  Ketua  IKKG, dr.irwan, Egi Saputra, SP dan tokoh muda Gunung Toar dan juga pengusaha Radiansyah Hendri, Kades Teberau Panjang, Ketua Karang Taruna Gunung Toar, Anton Kurniawan dan Conten Creator Pilot Drone Riau Rhomi AB Phituluiq. 

Menurut Penanggung Jawab kegiatan, Hendri selain menjadi wadah silaturahmi antar pemuda dan masyarakat kegiatan ini menjadi ajang pemanasan menjelang kegiatan Pacu Jalur yang akan diadakan beberapa bulan kedepan sesuai kalender pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2023.

" Pacu Perahu ini juga untuk melestarikan khazanah budaya dibulan Syawal tepatnya diadakan setelah hari raya kedua Idul Fitri,"katanya. 

Dipaparkan Hendri Pacu Perahu atau dulunya pacu jalur sudah menjadi khazanah budaya dibulan Syawal.

" Oeh karenanya perlu untuk melestarikan akan tradisi ini terus ada,"katanya.

Menurutnya kegiatan diilaksanakan pada aliran irigasi dipersawahan  yang membentuk seperti embung atau masyarakat menyebutnya Rawang.

"  Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tahunan. Pemdes Teberau Panjang mendukung penuh kegiatan positif dari pemuda pemudi ini menjadi ajang kreativitas pemuda yang kuliah di universitas menerapkan ilmu bagaimana berorganisasi dan pemecahan masalah serta merangkul pemuda lainya,"urainya.

" Dalam acara ini memperebutkan  piala bergilir dan uang pembinaan,"ungkap Kades Teberau Panjang itu.

Sementara Sardiyono menyampaikan apresiasi  pemuda pemudi Teberau Panjang yang memiliki ikatan silaturahmi, solidaritas, dan toleransi yang erat serta kuat dalam menjaga  dan memperkenalkan kekayaan khazanah budaya Kuantan Singingi serta pengobat rindu masyarakat perantauan yang pulang kampung halaman. 

Sementara itu Pacu Perahu Sardiyono Open tahun kedua ini diikuti peserta sebanyak 350 perahu. Sangat meningkat dari tahun sebelumnya.

"  Saya apresiasi kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan acara,"ujarnya.

“ Tradisi dan perayaan seperti pacu perahu ini harus terus Kita jaga, langsungkan, dan kembangkan sebagai energi untuk terus mengakrabkan sesama warga dan modal untuk menjaga dan membangun nogori Kita sesuai dengan motto Kuantan Singingi Basatu Nogori Maju,” tutupnya lebih lanjut. ( rls )

Berita Lainnya

Index