Waduh, Sampai dengan Bulan April Perangkat Desa di Kuansing Belum Juga Gajian

Waduh, Sampai dengan Bulan April Perangkat Desa di Kuansing Belum Juga Gajian
Pelantikan Pj Kades Kuansing

 

TELUK KUANTAN – Kondisi miris dirasakan perangkat desa  di kabupaten Kuantan  Singingi ( Kuanisng ), Riau. Sebagai garda terdepan lembaga pemerintah yang melayani masyarakat, hingga bulan April ini mereka belum juga menerima gaji. Perangkat desa tersebut baik Kepala desa ( Kades ) beserta perangkat maupun Ketua BPD beserta anggota.

          Kades Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah, Herlyanto, Selasa (4/4/23 ) membenarkan mereka belum menerima gajian.

          “  Yang pasti sudah tiga bulan sejak Januari hingga Maret. Akan tetapi jika sampai tanggal 15 April ini mereka belum gajian berarti  sudah 4 bulan ,”ujanrya.

          Penyebabnya kata Herlyanto karena dana ADD belum juga cair.  Padahal ADD yang  berasal dari dana APBD Kuansing merupakan sumber dana gaji perangkat desa.

          Ketua Forum Kepala Desa Kuansing, Solahudin juga membenarkan kondisi ini. Menurutnya belum ada satupun perangkat desa di Kuansing menerima  gaji hingga saat ini. 

          “ Itulah belum ada satupun ( gajian ), kini sedang diperjuangkan bagaimana bisa cair sebelum tanggal 14 April,”katanya.

          Secara organisasi pengurus Forum Kepala Desa Kuansing sudah meminta seluruh desa segera memproses pencairan dana ADD ini  dalam satu atau dua hari ini.

Setelah itu lanjutnya segera diajukan ke Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing ( DisosPMD). DisosPMD kemudian akan meneruskan ke BPKAD.

“ Paling lambat bahan sudah harus masuk di BPKAD hari Jumat ( 7/4/23 ) besok. Pekan depan segera dapat diproses,”katanya..  

Harapannya kata Solahudin,  setelah diproses BPKAD pekan depan juga dana ADD sudah masuk ke rekening desa.

“ Jadi tanggal 17 atau 18 Maret  desa sudah bisa menarik dana di bank, Tanggal 19 April kan sudah cuti bersama,’katanya.

“Gaji cair sampai bulan maret saja sudah syukur. Yang penting bisa untuk hari raya dan kebutuhan keluarga lainnya,”pungkas Solahudin. ( isa )

Berita Lainnya

Index