Lewat Pokir Mardianto Manan, Dibangun 3 Ruas Jalan Usaha Tani di Kuansing

Lewat Pokir Mardianto Manan, Dibangun 3 Ruas Jalan Usaha Tani di Kuansing
Mardianto saat serap aspirasi warga Benai

 

TELUK KUANTAN - Guna meningkatkan produksi hasil pertanian, anggota DPRD Riau, Dr Ir Mardianto Manan, MT lewat Pokir tahun 2023 ini berhasil memperjuangkan pembangunan tiga ruas jalan usaha tani ( JUT ) di Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) dalam APBD Riau 2023.

“ Jalan salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan hasil produksi para petani,”kata Mardianto Manan, Jumat ( 17/2/23).

Hasil peninjauan kelapangan selama ini, Ia mendapati masih banyak areal pertanian padi yang belum ada akses jalan yang memadai. Sehingga mobilitas petani untuk mengangkut hasil panen dan membawa perlengkapan produksi seperti benih dan pupuk menjadi sulit.

“ Masih banyak yang menggunakan pematang sawah dan jalan setapak untuk bergerak membawa hasil panen. Ini tentu sulit bagi para petani,”sebutnya.

“ Kalau hasil panen dijual tentu harga jual tinggi. Karena ongkos produksi bertambah karena tidak ada akses jalan itu,”ujarnya.

Karena itu pada APBD Riau tahun 2023 ini dirinya memperjuangkan 3 ruas jalan usaha tani pada 3 desa yang ada di Kuansing masing-masing didesa Banjar Lopak, Pulau Lancang dan Pulau Ingu.

“ Ketiga desa ini juga termasuk kawasan sentra pertanian yang perlu didukung karena memiliki areal pertanian padi yang luas. Selama ini jalan itu dikeluhkan petani diketiga desa ini,”katanya.

Pada masing-masing ruas jalan usaha tani  tersebut, panjang jalan yang akan dibangun mencapai 400 meter. Dengan demikian ada 1,2 KM jalan usaha tani yang akan terbangun.

“ Sebelumnya saat reses didesa-desa itu warga disana juga sampaikan aspirasi jalan usaha tani ini. Mereka sudah lama mengidamkannya,”kata putra Pangean ini.

Keberadaan jalan usaha tani ini nantinya harap anggota dewan asal Partai Amanat Nasional itu dapat mempermudah mobilitas petani, baik mengangku hasil panen maupun membawa pupuk dan benih.

“ Sehingga dapat menekan ongkos produksi dan meningkatkan hasil panen,”ujarnya.

Adanya jalan usaha tani ini ujarnya juga diharap dapat mempermudah jika ada kegiatan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendukung seperti irigasui,

“ Dengan adanya jalan usaha tani alat dapat masuk,”pungkasnya. ( adv )

Berita Lainnya

Index