Gedung PLHUT Kemenag Kuansing

Agar Mudah dan Efisien, Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Kuansing Diresmikan

Rabu, 28 Desember 2022 - 01:38:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK MUANTAN -Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuansing resmi memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) sebagai upaya optimalisasi pelayanan sekaligus memangkas birokrasi layanan haji dan umrah.

Gedung PLHUT Kuantan Singingi diresmikan Sekdakab Kuansing Dedy Sambudi. Turut hadir Anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Achmad, Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin, Kepala Kemenag Kuansing H Efrion Efni dan seluruh pejabat teras Kemenag Kuansing.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau Dr H Mahyudin mengatakan gedung pelayanan terpadu jamaah calon haji dan umrah dapat melakukan pendaftaran maupun mencabut pendaftaran di tempat ini.

"Dan itu bisa diselesaikan dalam satu hari. Jadi saya rasa ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji," katanya saat menghadiri peresmian PLHUT di Komplek Kemenag Kuansing, Rabu (29/12).

Menurut dia, gedung PLHUT ini dibangun untuk memudahkan masyarakat. Sebab mereka tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk menyelesaikan urusannya saat mendaftar haji.

"Karena di gedung ini sudah tersedia bank, pelayanan foto, serta layanan lainnya dalam satu pintu," ungkapnya.

Masih kata Mahyudin, begitu pula pusat informasi, masalah haji serta umrah di daerah serta pembatalan haji dapat dikomunikasikan di gedung PLHUT Kementerian Agama Kuansing.

"Intinya ingin memberikan pelayanan yang baik kepada jamaah. Ini terus kita kembangkan. Kuansing ini yang ketiga. Kita targetkan 2025, 12 kabupaten/kota punya PLHUT," katanya.

Sementara anggota DPR RI Drs Achmad berharap gedung PLHUT ini mampu melayani masyarakat secara lebih efektif, tepat dan cepat.

"Kita harapkan masyarakat datang ke kantor ini semuanya clear. Sehingga lebih efisien dan efektif serta tidak harus berbelit-belit," katanya.

"Masyarakat Kuansing tentunya juga mendapat keringanan secara ekonomis serta prosesnya juga singkat jadi hemat waktu, tenaga, dan juga biaya," katanya.

Sementara Sekdakab Kuansing Dedy Sambudi sangat apresiasi dan berterima kasih kepada anggota DPRD RI, Kementerian Agama yang telah memfasilitasi pembangunan gedung pelayanan haji dan umroh terpadu ini.

"Sehingga adanya layanan haji dan umrah terpadu dapat mempermudah proses pendaftaran bagi calon jamaah," tambahnya.

Menurutnya, adanya gedung PLHUT kendala-kendala yang selama ini dihadapi masyarakat seperti jarak tempuh, waktu, tenaga, serta biaya transportasi saat mengurus administrasi pelayanan dapat diminimalisir.

"Apalagi animo masyarakat menunaikan ibadah haji dan umrah sangat tinggi. Kita berharap pelayanan haji bisa lebih baik lagi," jelasnya.( ms)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT