Mardianto Manan Serahkan 7 Unit Traktor Untuk Kemajuan Petani Kuansing

Mardianto Manan Serahkan 7 Unit Traktor Untuk Kemajuan Petani Kuansing
Mardianto Manan saat menyerahkan Hand Traktor di desa Beringin Taluk

TELUKKUANTAN - Anggota DPRD Riau, Dr Ir Mardianto Manan, MT sampai saat ini telah menyerahkan 7 unit traktor untuk kemajuan para petani di Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau.

Terbaru pada hari Jumat (10/12/22) lalu, Mardianto Manan menyerahkan traktor untuk Kelompok Wanita Tani ( KWT) Beringin Berkah Desa Beringin Kecamatan Kuantan Tengah dan untuk Kelompok Tani ( Poktan ) Sumber Rezeki Desa Padang Kunik Kecamatan Pangean.

Di Desa Beringin Taluk penyerahan traktor dihadiri Camat Kuantan Tengah, Agus Iswanto, Kades Beringin Taluk, Bamba Rianto, perwakilan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kuansing, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta anggota KWT Beringin Berkah.

Bantuan Traktor hasil Pokir dewan dari Mardianto Manan ini akan dipergunakan para petani padi untuk membajak lahan pertanian dan tanaman pangan holtikultura dimasing-masing desa penerima.

Saat penyerahan traktor, Mardianto Manan memberikan motivasi kepada kedua anggota kelompok tani agar tambah bersemangat menekuni usaha mereka. Agar lahan-lahan yang ada pada kedua desa menjadi produktif dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi.

Ia juga meminta petani memanfaatkan bantuan ini untuk kesejahteraan mereka. Sebab alat ini dapat mempermudah petani mengolah lahan.

Dirinya menegaskan bantuan ini adalah bentuk perjuangan dan dukungan dewan kepada petani untuk lebih memaksimalkan hasil panen sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

Ia menambahkan, pada tahun ini 7 traktor diserahkan kepada petani melalui kegatan Pokir dewan dirinya di Kuansing.

"  Lima traktor dari APBD Murni Riau tahun 2022 dan 2 traktor dari APBD-Perubahan Riau Tahun 2022. Ketujuh Traktor itu untuk Poktan d desa Sako, Sungai Langsat, Pasar Baru, Pembatang dan Pauh Angit Hulu Pangean. Lalu terakhir di Desa Beringin Taluk dan Padang Kunik,"ujarnya.

Sementara Kepala Desa Beringin Taluk, Bamba Rianto mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan karena telah berjuang mendapatkan bantuan alat pertanian dari Pemprov Riau untuk KWT Beringin Berkah.

Karena itu atas nama warga dan pemerintah Desa Beringin Taluk dirinya mengucapkan terimakasih atas bantuan traktor.

" Traktor ini sudah lama diinginkan oleh KWT Beringin Berkah. Dengan adanya alat ini sehingga petani lebih semangat lagi bercocok tanam Holtikultira yang menjadi fokus KWT Beringin Berkah,"kata Bamba.

Menurut Bamba, awal tahun 2022 yang lalu dirinya menemui Mardianto Manan untuk membantu KWT Berkah Mandiri yang membutuhkan Traktor..

" Alhamdulilah tahun ini juga terealisasi,"katanya.

Menurut Bamba, KWT Beringin Berkah memproduksi tanaman pangan holtikultura mulai dari Jagung, Labu, Cabe dan Sayur Mayur. Produksi mereka dipasarkan untuk wilayah Teluk Kuantan sekitarnya.

Untuk lahan katanya tersebar merata diseluruh desa, tidak terpusat pada sebuah lahan.

" Lahan tersebar. Yang paling besar dan dikerjakan bersama didepan Kantor Kepala Desa Beringin,"ujarnya.

Ia mengakui salah satu.kendala yng dialami KWT Beringin Berkah selama ini minimnya alat bantu dalam mengelola lahan. Adanya bantuan traktor biaya produksi petani akan turun yang berdampak pada daya saing saat menjual hasil panen ke pasar. ( adv )

Berita Lainnya

Index