Mendagri Tito Karnavian dan Gubri Syamsuar. fhoto : cakaplah.com

Belanja APBD 6 Daerah di Riau Ini masih Rendah Termasuk Kuansing, Mendagri: Tolonglah

Jumat,10 November 2022 - 11:15:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dari 12 Kabupaten Kota di Riau tidak semuanya mengembirakan.

Dari data Kemendagri, terdapat 6 daerah yang belanja APBD nya sepanjang tahun 2022 masih rendah, dan harus ditingkatkan lagi.

"Tolonglah, ada beberapa kabupaten kota yang masih rendah belanjanya. Yaitu Pelalawan, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Kuansing, Rohul, dan Kota Dumai. 6 daerah ini belanjanya masih rendah dibanding pendapatannya," kata Mendagri, Tito Karnavian kemarin sebagaimana dilansir dari cakaplah.com.

Sementara itu, selain menyoroti realisasi belanja daerah yang rendah, Tito juga mengapreasiasi 6 daerah lainnya di Riau yang serapan belanjanya tinggi.

"Bengkalis, Kampar, Pekanbaru, Siak, Rohil, dan Inhil," cakapnya lagi.

Ia mengatakan, realisasi belanja bisa dilihat dari serius tidaknya daerah dalam penanganan inflasi, dan menjadi kriteria evaluasi dari Kemendagri.

Dalam arahannya saat menghadiri Rakor bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan pemerintah kabupaten/kota serta camat dan lurah di Riau, Selasa (8/11/2022) lalu, Tito juga menekankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Riau untuk terus menjaga kestabilan politik dan keamanan di daerah.

Khusus masalah keamanan, menurut Mendagri merupakan poin utama yang amat penting. Pasalnya, apapun program yang nantinya dibentuk oleh pemerintah jika stabilitas keamanan tidak kondusif maka tidak akan berjalan maksimal.( ktc/cakaplah.com)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT