Hampir Setahun Nasib Peserta Seleksi Pimpinan Baznas Kuansing Masih Terkatung-Katung

Hampir Setahun Nasib Peserta Seleksi Pimpinan Baznas Kuansing Masih Terkatung-Katung
Test Calon Pimpinan Baznas Kuansing tahun 2021. berazam/hmsks

TELUK KUANTAN - Sudah hampir setahun nasib peserta seleksi calon Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kuantan Singingi ( Kuansing ) masih terkatung-katung.

" Ya sudah hampir setahun. Proses seleksi dimulai bulan November 2021. Sampai kini tidak duduk jelas pangkalnya "kata Jumharis salah seorang peserta seleksi, Rabu (26/10/22).

Bahkan menurutnya sudah beberapa kali pula Pimpinan Baznas Kuansing yang lama djperpanjang masa tugasnya.

" Terakhir Plt Bupati menunjuk Syafriadi, Muradi dan Masrul.Hakim sebagai Plt Pimpinan Baznas Kuansing,"ungkapnya.

Padahal katanya calon pimpinan Baznas Kuansing yang ikut serta sudah melewati semua tahapan seleksi mulai dari seleksi adminitrasi, uji kompetensi dan wawancara.

Hasil akhirnya kata Djumharis terdapat 10 orang yang dianggap kompeten sebagai calon Pimpinan Baznas Kuansing. Kesepuluh calon itu masing-masing Jumharis, Ramlan, Jomaris, Yudi Purwandi, Darmawan, Chaidir Arifin, Darwis, Dedi Damhuri dan Urdianto serta Zubirman.

" Dari sepuluh orang ini akan ditetapkan lima sebagai pimpinan Baznas Kuansing. Tetapi sampai kini tidak jelas,"katanya.

Selama ini karena dengan kondisi yang tidak jelas ini beberapa peserta seleksi yang telah lulus mempertanyakan nasib mereka ke Pansel dan Plt Bupati.

Karena sesuai mekanisme setelah semua tahapan selesai Tim Pansel akan menyampaikan ke Plt Bupati dan Plt Bupati akan mengirimkan hasil seleksi ke Baznas pusat. Lalu Baznas Pusat akan merekomendasikan lima orang.

Hal sama diutarakan peserta seleksi Calon Pimpinan Baznas Kuansing yang lain, Zubirman.

" Sudah hampir setahun. Kacau, dewan harus kritisi masalah ini,"pintanya.

Menurutnya, sampai kini status hasil seleksi juga tidak jelas.

" Kalau tidak sah Pemkab juga tidak mengumumkan pembatalan hasil seleksi disertai penjelasan yang berdasarkan aturan, lalu membentuk Pansel baru. Ini Pansel baru juga tidak ada,"katanya Rabu.

Selain itu katanya juga diangkat Plt Pimpinan Baznas. Ia telah mempertanyakan kepada mantan Pimpinan Baznas dasar aturan pengangkatan Plt Baznas, namun mereka jiga tidak mengetahuinya.

Mantan Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kuansing, Muhjelan Arwan yang ditanya kelanjutan hasil seleksi, Kamis (27/10/22) meminta agar mengkonfirmasi ke Kabag Kesra Setda Kuansing.

Begitu juga Kabag Kesra Setda Kuansing, Novrion. Ia meminta konfirmasi langsung kepada pimpinan terkait hal ini.

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby yang dikonfirmasi terkait tindak lanjut hasil seleksi Pimpinan Baznas Kuansing, Kamis juga belum memberi jawaban. ( isa )

Berita Lainnya

Index