Alex Yudi saat menguji test fisik atlet Porprov Kuansing

Pelatih Fisik Pemain Timnas Era Shin Tae Yong Ikut Uji Test Fisik Atlet Porprov Kuansing

Sabtu,18 Juni 2022 - 08:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN -Para atlet Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing) yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau yang ke-X di Kuansing 12 November mendatang perlu bersyukur.

Pasalnya Pelatih Fisik Pemain Timnas PSSI era Shin Tae Yong rentang waktu 2020-2021, Alex Yudi ikut menguji fisik para atlet Kuansing, di kawasan Sport Center Kuansing, Sabtu (18/6/22).

Test kondisi fisik atlet ini diikuti 325 atlet dari 486 atlet yang akan mewakili Kuansing. Sebagian belum dapat mengikuti test karena tengah berada di luar daerah dan sedang mengikuti kejuaraan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing Masrul Hakim yang membuka test tersebut. Hadir Ketua Umum KONI Kuansing Andi Cahyadi dan jajaran serta Ketua Olahraga Masyarakat Indonesia (KOMI) Kuansing Gusmir Indrako, Plt Kabid Pora Surya Kurniawan dan para 15 tim penguji dari UNP Padang, Sumbar.

"Ini suatu yang baru bagi para atlet kita. Tentunya untuk mengukur kemampuan fisik dan mental para atlet Kuansing yang akan bertanding pada Porprov mendatang. Upaya yang dilakukan KONI Kuansing ini patut kita apresiasi," kata Masrul.

KONI Kuansing sendiri menggandeng Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai penilai tes kebugaran fisik bagi atlet yang akan berlaga pada Porprov yang diselenggarakan tahun ini di Kabupaten Kuansing.

"Ada 27 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Porprov nanti, kita ingin melihat sejauh mana fisik atlet kita jelang menghadapi Porprov nanti," ujar Ketua KONI Kuansing, Andi Cahyadi.

Pria yang akrab disapa Aheng ini mengatakan, kegiatan tes fisik ini merupakan bentuk keseriusan KONI Kuansing mempersiapkan atletnya menghadapi Porprov nanti.

"Layak atau tidaknya atlet yang akan ikut bertanding pada Porprov nanti bisa kita lihat di sini. Untuk tim penilai, kita juga bekerjasama dengan UNP Padang," ujar Aheng.

Dua bulan kedepan katanya, KONI Kuansing akan kembali melaksanakan kegiatan serupa. Sehingga atlet yang akan bertanding nanti memiliki kesiapan fisik dan juga mental dalam bertanding.

"Atlet yang masuk nanti murni kemampuan mereka, karena untuk menilai fisik kita serahkan semuanya ke tim penilai dari UNP Padang, jadi semua atlet harus serius mengikuti ini," ujarnya.

Selanjutnya, hasil tes fisik ini akan dievaluasi dengan para pelatih dan pengurus cabor, sehingga pada saat bertanding nanti, fisik dan atlet harus siap. Sehingga target juara bisa terwujud.

" Kita bersyukur juga ada Alex Yudi ikut serta menguji yang merupakan pelatih fisik pemain Timnas era Shin Tae Yong,"pungkas Andi Cahyadi.

Ketua Tim Penguji FisikDoni, mengapresiasi KONI Kuansing yang memanfaatkan teknologi pengetahuan dalam pengujian kemampuan fisik dan mental atlet. Sehingga hasilnya nanti bisa dilihat secara terbuka tanpa ada memanipulasi hasil test.

"Hasilnya nanti kami laporkan kepada KONI Kuansing untuk dapat didiskusikan dan dievaluasi dengan para pelatih dan pengurus cabor," katanya.( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT