Petugas Damkar berjibaku memadamkan api. Fhoto Satpol PP dan Damkar Kuansing

Kebakaran Hutan di Kompleks Pemda Kuansing, Gedung Disdik dan Gudang Obat Nyaris Ludes

Minggu,28 Mei 2022 - 06:25:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kebakaran hebat sempat terjadi dikawasan hutan kota diareal Kompleks Pemda Kuansing, Riau, Jumat ( 20/5/22) siang pekan lalu. Ini peristiwa kebakaran besar perdana terjadi dihutan kota Kompleks Pemda Kuansing.

Besarnya api membuat amukan sijago merah nyaris membumi hanguskan Gudang Obat dan Kantor Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga ( Disdik Pora ) Pemkab Kuansing.

Pantauan di Tkp pasca kejadian api sempat menjalar sampai 10 meter dari areal Gudang Obat dan lebih kurang 100 meter dari Gedung Disdik Pora.

Petugas pemadam kebakaran Pemkab Kuansing sampai mengerahkan empat unit armada pemadam kebakaran ( Damkar ) guna menjinakan api.

Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Pemkab Kuansing, Shanti Evi Dimenti yang dikonfirmasi wartawan, Sabtu (28/5/22) membenarkan kejadian ini. Awal mula kobaran api mereka ketahui saat menerima laporan dan dua anak berseragam sekolah yang melihat kejadian.

" Mereka melapor melihat api di Tkp saat melintas dijalan dekat ke petugas Piket Damkar. Waktunya saat mau Sholat Jumat,"ujar Shanti.

Mendapat laporan, kata Shanti dua armada yang stand by di Pos Damkar langsung dikerahkan ke Tkp. Bahkan armada Damkar dari Pos Kobun Baserah dan Kobun Nopi juga dikerahkan memadamkan api dan mencegah kebakaran lebih besar.

" Jadi ada empat Armada Damkar dikerahkan,"ujarnya.

Hasil penyidikan sementara beber Shanti api diduga berasal dari pembakaran tumpukan sampah di lokasi kebakaran.

Diduga pihak yang yang membakar tumpukan sampah tersebut pria separuh baya yang diduga stres ODGJ ( orang dengan gangguan jiwa ) yang berumur ditaksir 30 tahun.

" Yang bersangkutan sering tidur dan berkeliaran dilokasi tersebut,"ujar Shanti.

Areal yang terbakar menurut Shanti diperkirakan lebih kurang satu hektare.

" Kalau penanganan lambat Gudang Obat dan Gedung Disdik bisa kena,"ujarnya.

Pengendalian api bisa cepat diatasi karena Armada Damkar dapat dikerahkan melalui Gudang Obat sehingga pergerakan api dapat segera dicegah ke Gedung Disdik dan Gudang Obat. Selain dari Gudang Obat lanjutnya, Armada Damkar juga dikerahkan dari jalan jalurua Tugu depan DPRD ke TK Pembina. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT