Tahun 2022 Ini, Kuansing Gagal Loloskan Nominator Desa Wisata Tingkat Nasional

Tahun 2022 Ini, Kuansing Gagal Loloskan Nominator Desa Wisata Tingkat Nasional
Azhar

TELUK KUANTAN - Prestasi dunia pariwisata kabupaten Kuantan Singingi tahun 2022 boleh disebut jalan ditempat atau tidak ada kemajuan berarti.

Tahun 2022 negeri pacu jalur ini gagal meloloskan desa wisata untuk masuk menjadi nominator desa wisata terbaik indonesia tahun 2022.

Padahal tahun 2020 dan 2021 lalu Kuansing masih berhasil meloloskan desa wisata Koto Sentajo kecamatan Sentajo Raya sebagai salah satu nominator dan salah satu wakil Riau diajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( AWDI ) yang ditaja Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Tahun 2022 ini hanya 15 desa wisata di Riau yang berhasil mewakili Riau diajang itu.

15 desa itu masing-masing desa Wisata Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti. Desa Wisata Meskom, Kabupaten Bengkalis. Desa Wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Desa Wisata Sungai Luar, Kabupaten Indragiri Hilir. Desa Wisata Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu. Desa Wisata Pulau Belimbing, Kabupaten Kampar.

Lalu desa Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar. Desa Wisata Tanjung Beringin, Kabupaten Kampar. Desa Wisata Gema, Kabupaten Kampar. Desa Wisata Kampung Budaya, Kabupaten Pelalawan. Desa Wisata Kampung Bono, Kabupaten Pelalawan. Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir. Desa Wisata Kampung Melayu Kabupaten Siak. Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak dan desa Wisata Kampung Bandar Senapelan, Kota Pekanbaru.

Kegagalan ini diakui Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar, Rabu (20/4/22).

" Dari 15 desa se Riau yang masuk menjadi nominasi desa wisata kita lihat tidak ada desa wisata yang ada di kabupaten Kuantan Singingi,"tandas Azhar.

Terkait kegagalan ini dia mempelajari dulu apa yang menjadi penyebab sehingga tidak ada desa di Kuansing yang masuk menjadi nominasi desa wisata tersebut.

" Kalau memang ada kekurangan kekurangan persyaratan dalam pemenuhan untuk menjadi desa wisata tentu saja Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kekurangan persyaratan tersebut sehingga harapan Kita adalah ditahun 2023, ada desa di Kuantan Singingi ini yang masuk menjadi nominasi desa wisata secara nasional,"ujarnya. ( isa)

Berita Lainnya

Index