Menhub Prediksi 85 Juta Orang Mudik Lebaran Tahun Ini, Naik 40 Persen dari 2019

Menhub Prediksi 85 Juta Orang Mudik Lebaran Tahun Ini, Naik 40 Persen dari 2019
Ilustrasi. Hrc

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi perkirakan 85 juta orang berpotensi melakukan kegiatan mudik di masa libur Idulfitri atau Lebaran tahun ini.

"Ada 85 juta yang diprediksi mudik kali ini. Itu mengalami kenaikan sebesar 40 persen dari tahun 2019," kata dia saat melakukan peninjauan di Tol KM 72, dilansir hallo riau yang mengutip iNews.id, Jumat (15/4/22).

Demi kelancaran mudik tahun ini, maka penanganan dan penugasan secara serius terkait dengan kelancaran kegiatan mudik akan dilakukan.

Dia pun mengungkapkan, kawasan pintul tol Cipali dan Merak sebagai dua titik utama yang akan diantisipasi secara khusus karena dua titik itu diprediksi akan terjadi kepadatan pada saat arus mudik lebaran nanti.

"Kami berdiskusi upaya untuk melakukan simulasi daripada kegiatan mudik nanti mulai dari kawasan pintu tol Cipali dari Jakarta menuju Semarang adalah titik yang paling kritikal di masa mudik," ujarnya.

Adapun puncak mudik diprediksi akan terjadi pada 29 dan 30 April 2022. Sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022. ( ktc/hrc)

Berita Lainnya

Index