Waduh, Stok Blanko e-KTP di Kuansing Menipis

Waduh,  Stok Blanko e-KTP di Kuansing Menipis
M Refendi Zukman

TELUK KUANTAN - Stok blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi sudah menipis. Sekarang ini blangko yang tersedia tidak lebih dari 1.000 keping.

Untuk mengantisipasi kekurangan blanko e-KTP tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kuansing sudah menyampaikan ke pusat.

"Blangko e-KTP saat ini sekitar 500-1000 keping," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing H Refendi Zukman kepada wartawan belum lama ini.

Menipisnya ketersediaan blangko e-KTP ini katanya, sudah diusulkan ke pusat tapi belum ada kepastian kapan akan dikirim.

Alasannya, saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang dalam proses pengadaan blanko e-KTP.

"Mudah-mudahan dalam bulan ini blangko sudah dikirim," harapnya.

Ia menjelaskan, bahwa ketersediaan 1.000 keping blangko e-KTP sekarang ini hanya untuk mencukupi kebutuhan permohonan pencetakan beberapa hari saja.

Karena menurutnya, kebutuhan blangko e-KTP di Kabupaten Kuansing dalam sehari itu rata-rata mencapai 200 keping.

“Kita sarankan warga yang KTPnya rusak dan ingin ganti, maka tunda dulu," katanya.

Menurut Refendi, berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester pertama tanggal 30 Juni 2021 jumlah penduduk Kuansing mencapai 339.062 jiwa.

Sementara jumlah penduduk DKB semester dua tanggal 31 Desember 2021 mencapai 339.333 jiwa.

"Berdasarkan data DKB dalam satu semester kita mengalami kenaikan 271 jiwa," kata Refendi. Jumlah itu terdiri dari penduduk dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 172.473 jiwa dan perempuan 166.860 jiwa yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi.(ms)

Berita Lainnya

Index