Kuansing Terima Tiga Penghargaan Terbaik Batik Daerah Tahun 2021 di Riau

Kuansing Terima Tiga Penghargaan Terbaik Batik Daerah Tahun 2021 di Riau
Azhar saat menerima penghargaan

TELUK KUANTAN - Sempena peringatan hari ibu tahun 2021 yang ditaja Puan Aspekraf Provinsi Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (21/12/21), kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) mendapatkan tiga penghargaan dalam pengembangan batik daerah tahun 2021 tingkat provinsi Riau.

Penghargaan tersebut masing-masing pertama Pengelola Batik Daerah Terbaik tahun 2021. Kedua Pelestari Motif Batik Daerah Riau Terbaik 2021 dan ketiga Desain Batik Daerah Riau Terbaik Tahun 2021.

Untuk penghargaan Pengelola Batik Daerah Terbaik Tahun 2021 diterima oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar MM CPM.

Penghargaan sebagai Pelestari Motif Batik Daerah Riau Terbaik 2021 diraih Dekranasda Kabupaten Kuantan Singingi yang diterima Yulia Herma Suhardiman Amby.

Untuk Desain Batik Daerah Riau Terbaik 2021 juga diberikan kepada Kabupaten Kuantan Singingi yang diterima Surmayanti pemilik KUB Batik Nagori.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, Azhar, Rabu ( 22/12/21) penghargaan diberikan setelah dilakukan penilaian terhadap OPD, lembaga dan badan usaha yang membidangi Perindustrian se Provinsi Riau dalam memajukan produksi Batik Riau.

Azhar menyampaikan kepada awak media ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu memajukan Batik Kuantan Singingi ini.

Diakuinya kemajuan Batik Kuantan Singingi tidak terlepas dari peran besar Bupati Kuantan Singingi yang menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 36 tahun 2021 dan Surat Edaran Nomor 800/SE/1119.

" Penghargaan ini adalah penghargaan untuk masyarakat Kuantan Kuantan Singingi, saya dan yang lain hanya mewakili saja,"ucap Azhar sambil tersenyum.

Azhar berharap penghargaan yang didapatkan oleh Kuantan Singingi pada peringatan hari ibu 2021 menjadikan semua pihak lebih bersemangat lagi untuk memajukan UKM di Kuantan Singingi khususnya Batik Kuansing.

Salah seorang pengurus Puan Aspekraf Riau Irna Juita membenarkan bahwa Azhar sebagai Kadis Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, Dekranasda Kuansing dan Pengelola Batik Nagori layak diberikan penghargaan atas apa yang sudah dilakukan nya dalam memajukan Batik Daerah Riau terkhusus Batik Kuantan Singingi sehingga Batik Kuantan Singingi menjadi bahagian pilihan oleh masyarakat Riau dalam berbusana batik.

Sementara untuk diketahui pada bulan September 2021 lalu, diterbitkan Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2021 dan Surat Edaran Nomor 800/SE/1119 yang diteken Andi Putra. Perbup dan SE tersebut salah satunya mengatur penggunaan seragam ASN dan honorer di Pemkab Kuansing tentang pelestarian dan penggunaan Batik Kuansing setiap hari Kamis. Sejak itu Batik Kuansing berkembang dan berdiri puluhan usaha Batik Kuansing. ( rls )

Berita Lainnya

Index