Tidak Ikut Job Fit, Pejabat Eselon II Kuansing akan Turun Eselon

Tidak Ikut Job Fit, Pejabat Eselon II Kuansing akan Turun Eselon
Pelantikan pejabat Kuansing. Fhoto : rol

TELUK KUANTAN - Selain akan menggelar Assesment atau lelang jabatan Sekda dalam waktu dekat, Pemkab Kuansing juga akan menggelar Job Fit atau uji kesesuaian jabatan terhadap pejabat struktural eselon II yang ada saat ini.

" Job fit diperkirakan terlaksana bulan Januari 2022,"kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan ( BKPP) Pemkab Kuansing, Hendri Siswanto, Jumat (10/12/21).

Menurutnya Job Fit yang digelar ini merupakan amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Pasal 133 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, disebutkan dalam ayat (1) Jabatan Pimpinan Tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 (lima) tahun.

Dalam Ayat (2) Jabatan Pimpinan Tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan PPK dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Jadi ini kita lakukan semacam ujian untuk mencari kesesuaian dengan kompetensi seseorang dengan jabatan yang akan diduduki, karena pertimbangannya, ada yang betul-betul sudah lima tahun lebih dalam satu jabatan, perlu ada penyegaran dalam pemerintahan,"ujarnya.

" Kita tidak bisa lakukan mutasi begitu saja tanpa kita melakukan Job Fit, kita harus menggali potensi yang ada pada seseorang untuk menduduki jabatan eselon II," lanjut Hendri Siswanto.

Sebab katanya, ada tiga kompetensi yang harus dimiliki seorang pejabat pimpinan tinggi pratama yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan manajemen sosial.

“Jadi melalui Job Fit ini, kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural itu betul-betul harus kita gali, cocoknya dia ditempatkan dimana," jelasnya.

Hendri mengingatkan, pejabat eselon II Kuansing yang ada saat ini nantinya harus mendaftar untuk ikut Job Fit.

 " Mereka wajib mendaftar sebagai bentuk kesediaan mereka untuk dievaluasi. Kalau tidak mendaftar jabatan mereka turun menjadi eselon III,"katanya.

Di Kuansing sendiri sebutnya pernah ada pejabat eselon II yang tidak mendaftar untuk mengikuti Job Fit. Kemudian jabatan mereka turun ke eselon II.( isa )

Berita Lainnya

Index