LSM : Mengapa Pengunjung Malam Hari Saja Yang Diswab, Siang Hari Tidak

LSM : Mengapa Pengunjung Malam Hari Saja Yang Diswab, Siang Hari Tidak
Operasi Penegakan Prokes di Kuansing

TELUK KUANTAN - Kalangan LSM mengkritisi operasi penegakan protokol kesehatan ( Prokes ) di Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau.

Kritikan terutama terhadap pelaksanaan penyekatan dan Swab ditempat bagi pengunjung cafe, rumah makan, restoran dan kedai kopi serta kegiatan usaha lain yang lebih fokus pada malam hari saja.

 " Harusnya seimbang. Siang hari juga harus dilakukan,"ujar Ketua LSM Permata Kuansing, Junaidi Affandi, Minggu ( 8/8/2021).

Dirinya memantau dilapangan pedagang malam hari banyak yang mengeluh soal ini. Keluhan bukan terhadap operasi Prokes yang memang harus didukung semua orang untuk menekan Covid.

" Tetapi keluhan mereka mengapa Swab ditempat itu hanya pada pengunjung malam hari saja. Sedangkan siang hari tidak,"ujarnya.

Diakuinya memang ada aturan yang telah dibuat dalam penerapan PPKM Level III. Tetapi hendaknya jangan pada malam hari semata.

Sebab katanya jam buka disiang hari lebih panjang dari pagi sampai sore. Pengunjung dan tingkat kerumunan kedai siang hari juga lebih tinggi dibanding malam hari.

" Lihat saja dikedai-kedai siang yang buka siang hari,"ujarnya.

" Tetapi Swab ditempat itu benar-benar bagi yang melanggar aturan Prokes seperti tidak memakai masker, pemilik usaha termasuk instansi pemerintah dan swasta yang tidak membuat jarak bagi pengunjung dan aturan PPKM lainnya,"sambungnya.

Sekarang ini ulangnya bagi sebagian orang terkesan aturan PPKM ini hanya menyasar mereka yang berusaha dan berkegiatan dimalam hari.

Kedepan Ia berharap demi menciptakan rasa kebersamaan operasi Prokes seperti Swab ditempat juga seimbang pada malam dan siang hari.

" Sehingga tidak ada kesan adanya perlakuan yang tidak seimbang "kata Junaidi.

Junaidi sendiri mendukung upaya-upaya pemerintah menekan Covid dengan berbagai langkah termasuk Swab ditempat.

Begitu juga masyarakat hendaknya mematuhi Prokes dalam kegiatan sehari-hari. Namun perlu dilakukan evaluasi rutin agar hasilnya maksimal, tepat sasaran dan berkeadilan sehingga penyebaran virus ini dapat ditekan semaksimal mungkin. ( isa )

Berita Lainnya

Index