Wella Andi Putra memberi support pada perajin Batik Kuansing

Usaha Batik Kuansing Makin Berkembang, Pembeli Ada Yang Dari Kalimantan

Sabtu,09 Juli 2021 - 09:54:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Usaha Batik Kuansing saat ini terus bertumbuh kembang. Pembelinya tidak semata dari Kuansing namun juga datang dari luar seperti dari Kalimantan.

Pertumbuhan usaha Batik Kuansing semakin menggeliat lagi ketika Bupati Kuansing Andi Putra dan Ketua Tim Penggerak PKK, Wella Andi Putra menggelorakan kecintaan terhadap karya anak negeri ini.

" Alhamdulillah batik produksi Kelompok Batik Jalur Batik Nagori terjual dengan harga Rp 2,5 juta per lembar dengan motif pendayung dan jalur kombinasi Takuluak Barembei yang dibeli pengusaha dari Kalimantan sebanyak 6 lembar,"ujar Kadis Kopdagrin Kuansing, Azhar, Jumat (9/7/2021).

Ini katanya menandakan kualitas batik Kuansing juga sangat bagus. Sebab orang yang mengerti dengan seni akan memberi penghargaan sesuai dengan nilai seni itu sendiri.

" Batik kan juga karya seni,"ujarnya.

Disamping itu kata Azhar jumlah perajin Batik Kuansing juga bertambah. Sekarang terdapat 15 kelompok perajin Batik Kuansing.

" Tiga kelompok di Singingi, enam kelompok di Gunung Toar dan satu kelompok di Kuantan Hilir serta lima kelompok di Kuantan Tengah,"paparnya.

Khusus di Kuantan Tengah katanya merupakan kelompok perajin Batik Kuansing yang baru tumbuh melihat peluang yang semakin terbuka ini.

Lima kelompok perajin Batik Kuansing yang baru ini seperti kelompok Batik Selembayung di desa Sawah, kelompok Batik Pinang Bacabang di Desa Koto Taluk, kelompok Batik Duri Bingkuang di desa Pulau Kedundung, kelompok Batik Anyam Sira di Desa Seberang Taluk Hilir dan Keompok Batik Kari. ( ms )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT