DPRD Kota Padang Puji Program Smart City Pemkab Kuansing

DPRD Kota Padang Puji Program Smart City Pemkab Kuansing
Komisi III DPRD Kota Padang di Kantor Kominfoss Kuansing

TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Sumatera Barat memberi pujian pada  program smart city yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kuansing.

Hal dikatakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Djunaidi Hendry dan rombongan saat kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfoss) Kuansing, Senin (19/4/2021). Kedatangan mereka diterima Kadis Kominfoss Kuansing, Ir Samsir Alam MM beserta jajaran.

Pujian itu menurut Djunaidy karena dengan sumber daya terbatas, Pemkab Kuansing bisa membangun program smart city. Program ini dinilainya sangat membantu pelayanan, baik di OPD maupun yang berhubungan dengan masyarakat.

"Infrastrukturnya sudah dibangun, ada beberapa yang tidak ada sama kami. Seperti (pembayaran PBB) gopay tadi. Ini akan menjadi catatan kami untuk Pemko Padang," kata Djunaidy.

Dirinya menilai layanan smart city di Kuansing sudah cukup bagus. Apalagi, layanan ini dibangun dan dikembangkan oleh Kominfoss sendiri. Sehingga, data-data lebih terjaga dan tentunya lebih efisien dari segi anggaran.

Kepala Dinas Kominfoss Kuansing, Samsir Alam kepada wartawan, mengatakan sudah ada beberapa aplikasi yang sudah eksis seperti e-Pendapatan dan Portal Kuansing.

"Dengan aplikasi e-Pendapatan ini, masyarakat Kuansing tidak perlu lagi datang ke Bapenda untuk membayar PBB, cukup di rumah saja. Kemudian, pembayaran bisa juga dilakukan melalui berbagai e-Commerce, seperti gopay atau LinkAja. Masyarakat Kuansing bisa bayar PBB lewat itu," kata Samsir.

Tidak hanya untuk masyarakat, tapi juga untuk para pegawai yang berada di lingkungan Pemkab Kuansing. Terbaru adalah aplikasi e-Kinerja, untuk menilai kinerja para ASN.

"Aplikasi e-Pendapatan, e-Kinerja, portal Kuansing dan yang tengah dikerjakan adalah e-Office dan beberapa aplikasi lainnya, nanti akan terintegrasi dalam smart dash boar. Kami juga akan membangun dasbor eksekutif, agar pimpinan daerah mudah mengontrol pelaksanaan pembangunan," pungkas Samsir. ( ms)

Berita Lainnya

Index