LPKT saat silahturahmi

Laskar Pemuda Kenegerian Teluk Kuantan Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi

Senin,12 April 2021 - 01:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah, Laskar Pemuda Kenegrian Taluk Kuantan ( LPKT ) menggelar acara silaturahmi sekaligus konsolidasi, Minggu (11/4/2021) malam di Cafe Tepi Sawah Teluk Kuantan.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum LPKT,Ir. Emerson dan seluruh Pengurus inti LPKT yang berjumlah 16 orang. Ketua I LPKT, Rustam Salam, dalam sambutan pembukanya menyampaikan, seyogyanya acara silaturahmi sekaligus konsolidasi malam ini juga dihadiri oleh Waka Polres Kuansing, Kompol Rajib.

"Sebagai salahsatu mitra LPKT, pada pertemuan ini rencananya Bapak Waka Polres hadir. Namun karena ada keperluan mendadak ke Pekanbaru, beliau batal hadir. Kita harapkan pada kesempatan lain, beliau bisa bergabung bersama kita,"ujar Rustam Salam.

Selanjutnya, Rustam Salam juga menyampaikan bahwa keinginan ketua umum LPKT, Ir. Emerson untuk menghadirkan seluruh anggota LPKT pada acara tersebut. Akan tetapi karena mempertimbangkan masih dalam masa pandemi, maka acara malam ini hanya diikuti oleh seluruh pengurus inti saja.

"Seluruh anggota LPKT itu jumlahnya ratusan. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, maka acara malam ini hanya dihadiri oleh seluruh pengurus inti saja. Kedepan, pada pertemuan berikutnya, kita berharap bisa menghadirkan seluruh anggota,"harapnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini sebut Rustam, selain bersilaturahmi dalam rangka menyambut bulan puasa, juga ajang konsolidasi sekaligus mendengarkan arahan dari ketua umum.

Sementara itu, Ketua umum LPKT, Ir. Emerson dalam menyampaikan arahannya terlebih dahulu menceritakan sejarah dan tujuan didirikannya LPKT. "LPKT ini dibentuk pada tahun 2010 lalu.

Lahirnya LPKT ini bermula dari pemikiran para datuk-datuk, pemangku adat, cerdik pandai serta alim ulama dan para Kades di Kenegrian Taluk,"terang Emerson.

"Dengan dinamika kehidupan yang dihadapi oleh masyarakat Kenegrian Taluk, LPKT dibentuk melalui musyawarah besar (Mubes) dengan satu tujuan menjadi 'pagar nogori'. Untuk itu, amanah ini mari sama-sama kita jalankan,"sambung Emerson.

LPKT sendiri kata Emerson, sudah merupakan generasi ketiga. Generasi pertama yaitu Ikatan Pemuda Taluk Kuantan ( IPTEK ) yang berjaya pada dekade 1980an dibawah pimpinan Almarhum Warman.

Kemudian pada dekade 1990an dan 2000an awal lahir Barisan Muda Taluk Kuantan dibawah pimpinan Alhamrah.

"Kita LPKT generasi ketiga. Semua ini ( IPTEK, Barisan Muda dan LPKT-red) memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu menjaga dan menyelamatkan marwah serta harkat dan martabat masyarakat kenegrian Taluk Kuantan,"terang Emerson.

Oleh sebab itu, dalam menjalankan amanah sebagai 'pagar nogori' Emerson mengimbau kepada seluruh pengurus dan anggota LPKT untuk selalu solid dan terus menjaga kekompakan.

"Kita telah diamanahkan untuk berada dibarisan terdepan dalam menghadapi semua permasalahan yang muncul di Kenegrian Taluk Kuantan ini. Nah, bagaimana kita bisa menjalankan amanah ini bila kita rapuh dan tidak kokoh. Untuk itu, mari kita selalu jaga kekompakan,"ujar mantan atlet cabang olahraga bela diri Karate ini.

Selain itu, Emerson yang juga Kadis Pertanian Kuansing ini menyebutkan bahwa LPKT pada hakekatnya juga memiliki fungsi sebagai motor penggerak serta pendongkrak pembangunan di Kenegrian Taluk Kuantan.

"Banyak program-program kita, baik itu dibidang olahraga, kepemudaan dan bidang-bidang lainnya yang kita jalankan dalam rangka mendorong pembangunan di Kenegrian Taluk Kuantan,"sambung Emerson.

Disamping itu, LPKT yang berkedudukan di Ibu Kota Kabupaten, juga berkewajiban dan bertanggungjawab dalam menjaga kondusifitas kota Taluk Kuantan agar pembangunan di Kabupaten Kuansing bisa berjalan dengan baik."Jika ibu kota tidak kondusif, tentu dapat menghabat berjalannya pembangunan di Kabupaten Kuansing ini. Untuk itu, ini juga menjadi tanggungjawab dan kewajiban kita bagaimana supaya ibukota tetap kondusif,"tegasnya. Kemudian, dalam menjalankan amanahnya, LPKT juga siap membangun sinergitas dengan semua pihak. Saat ini kata Emerson, LPKT juga sudah terdaftar di Kemenkumham dan telah memiliki akta notaris.

Terakhir pada Kesempatan tersebut, Kepada seluruh pengurus, Emerson juga memaparkan nilai-nilai dan filosopi yang terkandung dalam lambang LPKT.

"Lambang yang menempel di sebelah kanan seragam kita ini, hendaknya kita semua memahami nilai-nilai dan filosopi yang terkandung didalamnya, agar amanah yang kita emban ini bisa kita laksanakan dengan ikhlas demi kepentingan masyarakat Kenegrian Taluk Kuantan."pungkasnya.( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT