Air terjun Batang Koban

Libur Akhir Tahun 2020, Nikmati Sensasi Air Terjun Batang Koban Di Kuansing

Minggu,26 Desember 2020 - 12:12:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

Libur TELUK KUANTAN – Nuansa libur akhir tahun 2020 sudah terasa. Bagi warga yang ingin melepas lelah dan penat baik fisik dan pikiran setelah setahun beraktifitas, salah satu pilihannya objek wisata terjun Batang Koban.

Destinasi wisata yang terdapat di desa Lubuk Ambacang kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau ini menyuguhkan sensasi petualangan dan alam yang demikian asri disertai gemericik air terjun yang menenangkan hati.

Kuansing sendiri memang kaya akan destinasi wisata alam, untuk air terjun jumlahnya mencapai 32 buah. Air terjun Batang Koban yang terdiri dari tujuh tingkat ini salah satu unggulan daerah ini bagi wisatawan.

Posisinya yang berada dikaki Bukit Barisan yang menjadi punggung pulau Sumatera dan ditepian sungai Kuantan melengkapi objek wisata ini untuk dikunjungi. Sebab untuk kesana, pengunjung akan menaiki speed boat selama 15 menit dari desa Lubuk Ambacang.

Selama dari Lubuk Ambcang menaiki speed boat, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan tebing tinggi yang mengelilingi sungai Kuantan ditambah hutan yang masih terjaga asri.

Oh ya kawasan objek wisata ini juga berlokasi dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh dan berada didekat perbatasan Riau dengan Sumatera Barat. Sehingga suasana ala Sumatera Barat juga terasa menjelang sampai ke air terjun ini.

Rombongan Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kuansing yang menjajal objek wisata ini, Sabtu ( 19/12/2020) lalu merasakan sensasi alam dan kenyamanan selama berkunjung diobjek wisata ini.

Sesampai di dermaga kedatangan air terjun ini, pengunjung bisa melepas lelah sejenak di dermaga. Karena di antara dermaga kanan dan kiri dibangun bangunan beratap cukup luas untuk istirahat dengan panorama alam hutan lindung dan sungai Kuantan.

"Kalau libur akhir pekan ramai. Tidak hanya pengunjung lokal, tapi juga dari luar. Bisa 200-an pengunjung perhari," kata Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kuansing Nasjuneri kepada awak media.

Untuk mengeksplor Air Terjun Batang Koban pengunjung harus berjalan kaki menapaki tangga cor semen yang sudah dibuat. Di perjalanan mengeskplor ini pengunjung dimanjakan dengan pesona asrinya pepohonan yang membuat sensasi tersendiri.

Air terjun sendiri sangat jernih dan alami, sehingga bagi yang sampai akan merasakan sensasi sendiri melihat air demikian jernin yang sudah sangat jarang ditemukan.

"Untuk naik ke atas aksesnya cukup mudah. Sudah ada tangga," ungkap Nasjuneri.

Namun tangga yang dibuat hanya sampai air terjun tingkat keenam. Untuk naik ke tingkat ketujuh, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan dengan kemiringan 70 derajat. Cukup menguras tenaga dan menguji adrenalin. Setelah menempuh perjalanan selama 15, pengunjung

akan menemukan surga yang tersembunyi di tengah hutan. Yakni Air Terjun Batang Koban tingkat ketujuh yang tingginya sekira 15 meter.

"Memang spot air terjun paling bagus tingkat ketujuh. Tapi aksesnya sulit. Tapi puas saat sampai ke atas sana. Bagus banget," katanya.

Lokasi Air Terjun Batang Koban juga mudah diakses. Jika dari Kota Telukkuatan pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor ke Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan. Perjalanan ditempuh sekitar 45 menit.

Sesampainya di Desa Lubuk Ambacang, pengunjung bisa langsung turun ke Sungai Batang Kuantan. Di sana sudah standby beberapa boat yang akan mengantar ke lokasi air terjun.

"Dari Desa Lubuk Ambacang ke Air Terjun Batang Koban sekira 15 - 20 menit," katanya.

Air Terjun Batang Koban memiliki air yang jernih. Bisa untuk mandi. Tentu ini membuat pengunjung sangat ingin mengunjunginya. Pemandangannya yang masih asri memberikan suasana rilex dan santai.

Selain itu di kawasan Batang Koban juga banyak ditemukan gazebo tempat istirahat, musala dan fasilitas lainnya termasuk toilet.

Namun kondisinya kurang terurus. Meskipun begitu, objek wisata ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kuansing.

"Kita berharap kedepan destinasi ini menjadi perhatian. Karena objek wisata Air Terjun Batang Koban ini cukup menarik wisatawan datang ke Kuansing," harapnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT