Aksi bersih sampah PWI Kuansing di Batang Koban

Peduli Pariwisata, PWI Kuansing Bersihkan Sampah Di Air Terjun Batang Koban

Minggu,19 Desember 2020 - 05:09:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau, Sabtu (19/12/2020) mengunjungi kawasan objek wisata air terjun Batang Koban didesa Lubuk Ambacang kecamatan Hulu Kuantan.

Hampir setengah hari mereka meneroka potensi salah satu objek wisata unggulan dinegeri pacu jalur ini. Mereka didampingi Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Nasjuneri Putra dan pegiat pariwisata Hendra Saputra Jaya.

" Tujuan utama Kami mempromosikan objek wisata air terjun Batang Koban menjelang musim libur akhir tahun 2020,"kata ketua PWI Kuansing, Idi Susianto Sabtu siang bersama sejumlah pengurus.

Ditengah Pandemi dan penerapan PSBB disejumlah daerah wisata, PWI Kuansing ingin mengingatkan warga Riau dan provinsi tetangga bahwa Kuansing memiliki objek wisata yang sangat layak dikunjungi.

" Karena itu Kita melihat kesiapan air terjun Batang Koban secara langsung,"katanya.

" Kalau wisatawan ramai berdampak pada ekonomi warga,"katanya.

Dilapangan katanya saat ini sejumlah sarana dan prasarana penunjang sudah selesai dibangun seperti dermaga kedatangan, kamar mandi dan pondok lesehan. " Secara sarana dari air terjun tingkat satu keempat sudah cukup memadai,"katanya.

" Begitu juga sarana angkutan juga cukup tersedia,"katanya lanjut.

Dalam kesempatan ini katanya anggota PWI Kuansing juga melakukan kegiatan memungut sampah plastik dan sampah kertas.

" Ada yang dibungkus dan dibakar. Pembersihan Kita fokuskan ditingkat empat yang ramai dikunjungi untuk mandi,"katanya.

Usaha ini juga untuk memotivasi pengunjung kedepan agar menjaga kebersihan objek wisata. Dengan demikian pengunjung nyaman berada disana.

Ia mengaku pesona air terjun ini cukup tinggi. Saat disana mereka berjumpa dengan satu bus rombongan pelancong dari Padang Panjang Sumbar dan daerah luar Kuansing dan Kuansing sendiri.

Kabid Pariwisata Dinas Parbud Kuansing, Nasjuneri mengucapkan terimakasih pada PWI Kuansing. Selain membantu promosi objek wisata air terjun Batang Koban Juga melakukan kegiatan pembersihan sampah plastik ditingkat empat.

Sampah diakuinya salah satu kendala disini. Sebab petugas pengelola hanya tiga orang dan sangat kurang dibandingkan luasan kawasan ini. Begitu juga sarana seperti tong sampah.

Kedepan katanya selain petugas kebersihan juga harus ada petugas security, penyelamat dan pemandu.

" Secara bertahap akan dibenahi sesuai kewenangan daerah. Sebab air terjun imi berada dalam kawasan hutan lindung Bukit Betabuh dan pembenahan fisik harus seizin Pemprov Riau,"katanya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT