Roni Rakhmat

Covid Meningkat, Pjs Bupati Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Senin,19 Oktober 2020 - 10:40:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pemkab Kuansing dan tim gugus tugas penanganan penyebaran Covid-19 meminta semua lapisan masyarakat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kuansing.

Pasalnya warga yang terkonfirmasi positif Covid di Kuansing masih terus terjadi dan bertambah setiap hari. Walaupun diantaranya sebagian sudah sembuh.

Pjs Bupati Kuansing, Roni Rakhmat S STP MSi meminta hal itu kepada wartawan, Senin (18/10/2020).

Menurutnya penanggulangan penyebaran Covid-29 di Kuansing harus dilakukan bersama seluruh elemen.

"Niat penangan ini harus merata dari semua kalangan masyarakat. Salah satunya mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Makanya, kita secara berjamaah menerapkan hidup bersih," katanya.

Berbagai upaya, mulai dari masyarakat desa hingga kabupaten harus sama-sama faham tentang bagaimana cara penularan Covid-19 selama ini. Dengan begitu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tetap meangacu kepada protokol kesehatan.

Sebab selama ini, lanjut Roni, masyarakat sering abai dengan kesehatan dirinya dan orang lain. Seperti yang terjadi di pasar-pasar, dimana, masyarakat kerap mengabaikan penggunaan masker.

"Kita berharap, tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berada di pasar. Kalau perlu, setiap kedai harus menyiapkan tempat mencuci tangan dengan menggunakan sabun," pinta Roni.

Setelah itu, pihaknya juga meminta masyarakat dan para pegawai untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota. Apalagi ke kota yang saat ini masuk dalam zona merah.

"Yang banyak terjadi saat ini adalah warga yang sering melakukan perjalanan ke luar kota, baik dinas maupun acara keluarga. Setelah itu, terpapar. Nah, ini yang susah. Tentu kita harus mendata lagi warga lain yang sempat kontak dengan mereka," kata Roni.

Karena itu, tambah Roni, memutus mata rantai ini harus dari diri masing-masing. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT