Gedung baru kampus Uniks

Kasus Covid-19 Di Kuansing Meningkat, Gedung Baru Uniks Jadi Rumah Sakit Darurat

Kamis,10 September 2020 - 11:29:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Jumlah warga yang positif Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi terus meningkat dari waktu ke waktu. Data terakhir yang diupdate dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kuansing menyatakan kasus terkonfirmasi positif mencapai 82 orang selama Pandemi.

Meningkatnya pasien positif berdampak pada kapasitas ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Telukkuantan dan Puskesmas Kecamatan Sentajo Raya untuk menanganinya.

Oleh sebab itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing mencari gedung baru sebagai ruang isolasi dan perawatan.

Salah satunya, memfungsikan gedung baru yang rencananya untuk kampus Universitas Islam Kuansing (Uniks) didesa Beringin Taluk akan menjadi rumah sakit darurat. 

"Betul, gedung baru untuk kampus  Uniks akan kita jadikan rumah sakit darurat dan tempat isolasi kasus positif tanpa gejala," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kuansing Dr Agus Mandar kepada wartawan via telepon selulernya.

Diperkirakan gedung Uniks yang difungsikan sebagai rumah sakit darurat bisa menampung puluhan pasien. Pasien yang dirawat di gedung Uniks berstatus konfirmasi positif tanpa gejala.

"Kalau perlu penanganan medis, pasien dirawat di RSUD Telukkuatan. Meskipun begitu, kita akan tempatkan dokter dan perawat di sana nantinya," katanya.

Sekarang ini, pihaknya sedang mempersiapkan sarana dan prasarana. Seperti melakukan perbaikan jalan masuk ke gedung Uniks, fasilitas air bersih, listrik, dan sarana lainnya.

"Air sudah ada. Tinggal listrik saja. Jika listrik sudah, tinggal kasur dan sarana lainnya, paling dua atau tiga hari kedepan gedung sudah bisa ditempati," ungkapnya.

Data tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi per Rabu (9/9) menyatakan bahwa kasus terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 82 orang selama Pandemi.

Sedangkan yang masih dirawat saat 41 orang dengan rincian 15 orang dirawat di RSUD dan 26 orang dilakukan isolasi.

"Kabar baiknya 40 orang dinyatakan sembuh dan hanya satu orang meninggal dunia. Dengan naiknya kasus covid-19 ini kita minta masyarakat memperhatikan protokol kesehatan," pintanya.( ms)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Arbi Julta Terpilih Jadi Ketua IMAKOP Periode 2016-2018

Senin,19 September 2016
Sosial & Agama

Perusahaan Diminta Prioritaskan Naker Lokal

Kamis,11 Desember 2014