Aksi unjuk rasa Foksi

Nasib Pegiat Seni Kuansing Selama Wabah Covid, Penghasilan Nol Kredit Jalan Terus

Rabu,05 Agustus 2020 - 02:59:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN– Ratusan pelaku seni di Kabupaten Kuantan Singingi yang tergabung dalam Forum Orgen Tunggal Kuansing (FOKS) menggelar aksi demontrasi, Rabu (5/8/2020) pagi.

Mereka mendatangi kantor Bupati dan Gedung DPRD Kabupaten Kuansing untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Dalam aksinya mereka terlihat membentangkan berbagai tulisan yang menjadi tuntutan mereka seperti menuntut agar diizinkan manggung kembali. Kemudian mereka juga menulis, ‘Sudah 5 bulan dirumahkan, penghasilan nol, namun kredit jalan terus’.

Beberapa peserta demo yang ditemui di lokasi membeberkan, bahwa semenjak mewabahnya virus Covid 19 sekitar 5 bulan lalu, mereka tidak diizinkan untuk manggung.

Dampaknya otomatis mereka selama itu tidak ada job, sehingga sangat berpengaruh terhadap ekonomi keluarga mereka.

Oleh sebab itu, mereka meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kuansing dan pihak yang berwenang agar membuat kebijakan untuk memberi izin manggung kepada mereka.

”Kami berharap Pemerintah bisa mempertimbangkan keadaan kami saat ini,”ujar salah seorang peserta aksi.

Terkait aksi demo ini, beberapa perwakilan pendemo akhirnya dipersilahkan datang ke kantor Bupati untuk menyampaikan aspirasi mereka. Sementara para peserta demo lainnya tetap bertahan disekitaran bundaran.

Dikantor Bupati, mereka bertemu Asisten III yang juga juru bicara tim gugus tugas Covid 19 Kuansing, Agusmandar dan Asisten I, Muhjelan serta pihak Kepolisian dari Polres Kuansing.

Usai pertemuan, salah seorang perwakilan peserta demo yang juga Humas FOKS, Eri Patopang kepada awak media menjelaskan, bahwa pihaknya telah mendapat izin manggung dari tim gugus tugas Covid 19 Kuansing dengan catatan harus diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, tadi dari gugus tugas secara tertulis telah mengizinkan atau membolehkan kembali bagi masyarakat yang mengadakan acara dengan diisi hiburan. Intinya kita sudah dizinkan kembali untuk manggung, dengan catatan, harus menerapkan protokol kesehatan,”ujar owner grup Kamari Jadi ini.( tra)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT