Pejabat Kemenpar RI, Kuansing Punya Potensi Wisata yang Layak Jual

Pejabat Kemenpar RI, Kuansing Punya Potensi Wisata yang Layak Jual
Sekda dan pejabat Kemenpar menyaksikan pameran fhoto

 

TELUK KUANTAN – Pejabat Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menilai kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau memliki banyak potensi wisata namun belum tergarap dengan maksimal, sehingga potensi yang ada belum dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawanuntuk menunjang pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu dikatakan, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Ramlan Kamarullah dalam pemaparannya saat Musrenbang Pariwisata dan Kebudayaan Kuanisng, Rabu ( 4/3/2020 ) dibalai pendopo rumah dinas Bupati Kuansing.

Ia mengatakan bahwa pariwisata Kuansing sangat potensial dan layak untuk dikembangkan.

" Berbagai potensi wisata yang ada di Kuansing sangat menarik untuk dijual kepada para wisatawan, baik mancanegara, wisatawan nusantara dan lainnya," ujarnya.

Namun katanya mengingatkan, yang perlu dilakukan saat ini, adalah menjaga Sapta pesona, kebersihan dan membangun sentra-sentra kreatif di seluruh Obyek Wisata yang ada.

Di Indonesia bebernya sudah ada daerah yang dijadikan bangun destinasi wisata  atau lima destinasi transit yang menjadi skala prioritas yaitu Tanjung Lesung di Banten, Pulau Seribu di Jakarta, Raja Ampat dan lainnya.

Untuk Kuansing katanya potensi itu terdapat pada beberapa destinasi wisata yang layak dikunjungi, seperti festival Pacu Jalur di tepian Narosa Teluk Kuantan, Perahu Baghanduang di Lubuk Jambi, obyek wisata air terjun Guruh Gemurai Kasang, air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban Lubuk Ambacang dan Sumber Air Panas Sungai Pinang,

" Di Provinsi Riau sendiri, juga ada tiga daerah destinasi wisata yaitu Kabupaten Siak, Kampar dan Meranti," tambahnya.

Untuk memajukan Kepariwisataan di Indonesia maka Kementerian Pariwisata akan melakukan pendampingan terhadap destinasi wisata, agar masyarakat di Daerah tujuan wisata benar benar memiliki Skill sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Sementara kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Indra Suandy menyebutkan bahwa Musrenbang ini, merupakan forum musyawarah antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyamakan persepsi langkah langkah penanganan program kegiatan prioritas pembangunan, dan pengembangan pariwisata dan Kebudayaan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi.

Penyelenggaraan Musrenbang Pariwisata dan Kebudayaan Tahun 2020, sebagai implementasi untuk menunjang dan meningkatkan pariwisata nasional, yang berdasarkan Rancangan Teknoratik RPJMN 2020 - 2025, " Akselerasi Peningkatan Nilai Tambah Agrofishery Industry, Kemaritiman, Energi, Industry, Pariwisata serta Ekonomi Kreatif dan Digital".

" Untuk mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2016 - 2021 yang termaktub dalam misi ketiga, Mengembangkan perekonomian masyarakat yang mandiri dan berdaya saing, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat berbasis pertanian dan pariwisata,"ujarnya.

Sebagaimana diketahui katanya  Kuansing memiliki potensi wisata baik Obyek Wisata Alam seperti Air Terjun (ada sekitar 20 lebih) seperti Air Terjun Guruh Gemurai Kasang, Air Terjun Batang Koban di Lubuk Ambacang, Air Terjun Sungai Dangku, Air Terjun Hulu Lombu di Pangkalan Indarung, Dan Sumber Air Panas Sungai Pinang.

Begitu juga Obyek Wisata Budaya seperti Festival Pacu Jalur, Festival Perahu Baghanduang, Silat Pangean, Rumah Godang, Arena Venue Dayung Kobun Nopi, Danau Koto Kari, Danau Sungai Soriak. Obyek Wisata Sejarah seperti Goa Macan di Cengar, Goa Bunian di Teratak, Padang Candi di Sangau, Bukit Piramida di Pantai dan sebagainya. Serta Kuliner yang menyediakan Makanan dan minuman khas Kuansing sendiri.

“ Banyaknya potensi wisata di Kuansing mendorong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, menggelar Musrenbang Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Tahun 2020, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing,”katanya.

Selain menghadirkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Ramlan Kamarullah, SE. MM, Kadis Pariwisata Provinsi Riau diwakili Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rido Adriansyah, S.STP juga hadir Sekda Kuansing DR. H. Dianto Mampanini, SE. MT, Kadis Pariwisata Kuansing, DR. H. Indra Suandy, ST. M.Si, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, PWI Kuansing, para Kabag, Kabid, Camat, Kepala Desa, LAMR, Mahasiswa, Kelompok Darwis, Genpi dan di Kuantan Singingi.

Dalam kesempatan ini peserta juga  melihat pameran foto obyek Wisata Kuansing, seperti Piramida Desa Pantai Kuantan Mudik yang merupakan batu asli yang penuh ukiran. ( rls )

Berita Lainnya

Index