Antisipasi Corona, Ketua DPRD Kuansing Minta Diskes Siaga

Antisipasi Corona, Ketua DPRD Kuansing Minta Diskes Siaga
Andi Putra

TELUK KUANTAN – Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan dua warga Indonesia terjangkit virus Corona. Tidak hanya itu untuk mencegah virus mematikan tersebut Gubernur Riau Syamsuar melalui surat edaran Nomor 43/SE/2020  telah mengintruksikan Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten dan Kota di provinsi Riau untuk melakukan pengamatan kasus pneumonia yang terjadi di wilayahnya.

 

Edaran ini tak terlepas akan terjadinya peningkatan kasus Corona Virus di Singapore, dengan ditetapkannya Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) Alert ke level Orange.

 

Menyikapi kondisi ini ketua DPRD Kuansing, Andi Putra meminta jajaran dinas kesehatan dan RSUD Teluk Kuantan dan fasilitas layanan kesehatan umum dan swasta di daerah ini untuk siaga dan waspada.

Instrukti Presiden dan Gubri katanya perlu segera ditindak lanjuti, dan segera dibentuk tim khusus guna menanggulangi virus tersebut, dan melakukan pemantauan seluruh pasien yang menderita demam tinggi akibat gejala pneunomia di seluruh RSUD, Puskesmas, klinik maupun rumah sakit yang ada di Kuansing.

 

Bahkan Andi Putra juga meminta Diskes melakukan update informasi dari sumber yang akurat dan kredibel kemudian disebarkan kembali ke tengah masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tentunya akan menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

 

"Harus terus diupdate kepada masyarakat terkait, dan beri pemahaman pencegahan agar tidak terpapar, karena kabar dan berita bohong banyak membuat masyarakat cemas," tuturnya.

 

Tidak hanya itu Andi Putra juga meminta kesiapan RSUD, Puskesmas rumah sakit swasta untuk segera membuat tempat penanganan, ruang isolasi dan cara-cara lain penanganan yang maksimal sesuai standardisasi medis.

 

" Tidak boleh lengah Kendati sampai saat ini belum ada kasus pasien atau korban yang terpapar virus corona di Kuansing.Karena kalau sudah berkembang susah mengantisipasinya. Perlu kerja keras bersama untuk mengantisipasinya,"tandasnya.

 

Dirinya juga minta warga pro aktif untuk melaporkan kondisi keluarga mereka yang demam panas guna mencegah terjangkit virus Corona, apalagi jika terdapat keluarga yang kembali dari daerah-daerah rawan virus Corona. “ Karena pencegahan dini lebih baik,”tutupnya. ( isa ).

 

 

Berita Lainnya

Index