Si Ngongai Maskot Porprov Riau 2021 di Kuansing

Si Ngongai Maskot Porprov Riau 2021 di Kuansing
Maskot Porprov Riau 2021 Si Ngongai

TELUKKUANTAN - Maskot pelaksanaan pekan olahraga provinsi ( Porprov ) Riau tahun 2021 dikabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing) ditetapkan Si Ngongai. Lalu apa maknanya.

Bupati Kuansing, H Mursini, M.Si di Hotel Aryaduta, Sabtu (15/2) lalu Pekanbaru menjelaskan dalam penentuan maskot ini, mesti mengambil objek flora maupun fauna atau suatu endemik yang asing di satu daerah.

Dengan demikian katanya maskot yang diusung yakni ikan "Si Ngongai" sebab ikan ini merupakan ikan langka ataupun asing. Dalam bahasa latinnya ikan ini disebut Bagarius Rayelly.

Dijelaskan Mursini ikan Si Ngongai ini, untuk wilayah Sumatera, hanya ada di Sungai Batanghari dan Sungai Kuantan. Sedangkan di Riau, sendiri hanya ada di Sungai Kuantan.

Secara umum masyarakat Kuantan Singingi, menyebut ikan ini Singongai, namun ada juga menyebutkan nama lain di beberapa daerah, seperti di Kecamatan Gunung Toar masyarakat di sana menamainya ikan "Gogal". Sedangkan masyarakat Kecamatan Hulu Kuantan menyebutnya “Singarui”.

Meskipun penamaanya berbeda ikannya masih merupakan jenis yang sama. Sedangkan filosopi dari pengambilan ikan "Si Ngongai" menurutnya mengandung makna semangat juang meraih prestasi membawa marwah negeri, sebab ikan ini hidup di air deras.

Makna lain yang diambil dari ikan ini kata Bupati, ikan ini hidup mencari makan secara berkelompok, sehingga kata Bupati pemaknaanya untuk Porprov terwujudnya kerjasama atas semua pihak. ( rls )

Berita Lainnya

Index