BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Sumbar

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Sumbar
Fhoto : kompas.com

PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat, mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi untuk wilayah perairan Sumbar.

Dikutip dari kompas.com, potensi gelombang tinggi itu pada hari ini, Sabtu (11/1/2020) hingga Minggu ( 12/1/2020).

"Potensi gelombang laut mencapai 0,5-2,5 meter dan cukup berbahaya bagi nelayan yang melaut. Kita imbau mereka waspada," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur Syafrizal saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Syafrizal menjelaskan, potensi gelombang 2-2,5 meter terjadi di daerah Samudra Hindia Barat Mentawai hingga Samudra Hindia Barat Bengkulu, dan Pulau Enggano.

Kemudian, potensi gelombang dengan tinggi 0,5 - 0,75 meter ada di daerah perairan Pesisir Barat Pasaman Barat hingga Pesisir Barat Pesisir Selatan.

Waspada potensi gelombang dengan tinggi 0,5 - 1,5 meter terjadi di daerah Perairan Pesisir Barat Bengkulu.

Selanjutnya, waspada potensi gelombang dengan tinggi 1 - 2 meter terjadi di daerah Perairan Barat Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Selatan, dan wilayah Mentawai.

Menurut Syafrizal, nelayan yang menggunakan perahu diminta waspada terhadap ketinggian gelombang di atas 1,25 meter. Kemudian, untuk kapal tongkang, diminta waspada ketinggian gelombang lebih dari 1,5 meter.

"Untuk kapal Ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4 meter," kata Syafrizal. ( artikel ini telah terbit di kompas.com sebelumnya )

Berita Lainnya

Index