E-KTP. ( isa )

Sampai Juni, Warga Yang Belum E-KTP Diminta Datangi Operator

Jumat,22 Maret 2013 - 05:59:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Sebelum bulan Juni tahun 2013 ini, warga Kuansing yang belum mekukan rekam data penduduk untuk mendapatkan kartu penduduk elektronikk ( E-KTP )  diminta mendatang operator dimasing-masing kantor camat yang ada untuk melakukan rekam data.
Hal ini dikatakan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kuansing, Drs H Syoffaizal, M.Si melalui Kasubid Pendaftaran Penduduk Drs Sony Septriansyah yang ditanya soal ini disela-sela pembukaan Musrenbang Kabupaten Kuansing di Balai Adat Teluk Kuantan, Jumat ( 22/3 )  siang.
" Hendaknya pada bulan Juni semua warga yang belum melakukan rekam e-KTP untuk segera melakukan rekam,"ujarnya.
Himbauan ini katanmya terus dilakukan oleh petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kuansing melalui Kantor Camat dan saluran yang tersedia termasuk melalui media massa, baik cetak dan elektronik. " Di rumah-rumah ibadah juga sering Kita sampaikan hal ini,"ujarnya.
Sebab ujar Sony mengingatkan, pada tahun 2014 mendatang akan segera diberlakukan E-KTP secara menyeluruh, sehingga KTP SIAK ( sistem adminitrasi kependudukan ) akan segera dicabut dan digantikan  oleh E-KTP untuk semua adminitrasi kependudukan. Dengan demikian tegasnya, betapa merugi bagi warga yang tidak memiliki E-KTP tersebut.
" Mengingat masih ada waktu yang dapat dimanfaatkan warga untuk merekam data mereka, diminta segera mendatangi kantor-kantor camat,"ujarnya.
Sementara itu saat ditanya soal pendistribusian E-KTP yang sudah disalurkan Kementrian Dalam Negeri, menurut Sony sampai pekan ini sudah mencapai 101.555 ribu keping E-KTP untuk 12 kecamatan. 12 kecamatan bukan 15 kecamatan sebagaimana jumlah kecamatan Kuansing saat ini karena 3 kecamatan baru yang terbentuk untuk proses E-KTP masih melalui kantor camat induk sebelum dimekarkan.
" Jadi untuk Pucuk Rantau masih mengambil di Kuantan Mudik, Sentajo Raya masih di Kuantan Tengah dan Kuantan HIlir Seberang masih di Kuantan Hilir,"ujarnya.
Dari data yang telah masuk mengenai pendistribusian E-KTP tersebut bebernya, di kecamatan Kuantan Mudik telah tersalur sebanyak 8.997 buah, kecamatan Kuantan Tengah 26.329 buah, kecamatan Singingi Hilir 4.250 buah, kecamatan Kuantan HIlir sebanyak 12.482 buah, kecamatan Cerenti sebanyak 4.979 buah, kecamatan Benai 8.526 bah, kecamatan Gunung Toar sebanyak 6.350 buah, kecamatan Singingi HIlir sebanyak 4.160 buah, kecamatan Pangean sebanyak 8.209 buah, kecamatan Logas Tanah Darat sebanyak 5/970 buah, kecamatan Inuman sebanyak  7.108 buah dan kecamatan Hulu Kuantan sebanyak 4.195 buah. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT