Jangan Bengalis dan Inhil Saja

Bupati Minta APBD Riau Dibagi Merata

Bupati Minta APBD Riau Dibagi Merata
karikatur kue apbd. ( isa )

TELUK KUANTAN - Dihadapan pejabat Bappeda Riau yang menghadiri pembukaan Musrenbang Kabupaten Kuansing, Jumat ( 22/3 ) siang, Bupati H Sukarmis meminta agar APBD Riau kedepannya dibagi merata. Karena dirinya merasakan selaku orang nomor satu di Kuansing APBD Riau belum dibagikan secara merata.
" Maaf Pak Bappeda Riau, pesan saya tolong dibagi merata lah Ya Pak Bapedda Riau. Istilahnya pembagian dana APBD Riau untuk Kuansing tidak terasa ( karena jumlahnya sedikit ), "ujar Bupati Sukarmis yang disambutt aplus peserta Musrenbang yang hadir di Bala Adat Teluk Kuantan saat itu.
Yang lebih ironis ujarnya, APBD Riau justru luar biasa dialokasikan untuk Kabupaten Bengkalis yang nota bene memiliki APBD cukup besar dibandingan kabupaten lain di Riau. APBD Riau juga banyak dialokasikan untuk kabupaten Indragiri Hilir. " Kalau untuk Inhil Kita sudah tahu sama tahu lah,"ujarnya yang kembali disambut aplus peserta Musrenbang yang hadir saat itu.
Karena itu kedepan ujarnya, proyek multi years dari APBD Riau hendaknya dirasakan juga oleh kabupaten lain. Diakuinya ada dana APBD Riau yang turut dialokasikan untuk Kuansing seperti pembangunan jalan lintas selatan Riau di Pucuk Rantau yang sudah dilakukan dua tahun ini, ini berkat loby intensif dari anggota DPRD Riau asal Kuansing dan Pemkab Kuansing. Namun sebagaimana diketahui sejumlah anggota DPRD Riau saat ini maaf sedang tersandung masalah, tinggal dua lagi, satu Pak Asrul Ja'afar yang sedang sakit dan satu lagi ibu Mahdili.
Karena itu pada kesempatan yang sama, Bupati Sukarmis mengajak tokoh-tokoh masyarakat Kuansing yang hadir saat itu seperti Professor Suwardi MS dan Ir Mardianto Manan, MT dan tokoh-tokoh lain Kuansing di Pekanbaru bersama-sama meloby Pemprov agar dana APBD Riau untuk Kuansing kedepan cukup bagus lah.
" Pak Mardianto sering berkomentar di media massa dan tokoh-tokoh Kuansing lainnya, bantu agar dana APBD Riau juga merata untuk Kuansing dan daerah lain,"ujarnya.
Namun demikian ujarnya walaupun dana APBD Riau relatif sedikit untuk Kuansing termasuk APBN, Pemkab Kuansing sudah memberi kemajuan dari pelaksanaan pembangunan yang dilakukan selama ini, baik disektor ekonomi rakyat, kelistrikan dan jalan. Bahkan saat ini jumlah penduduk miskin yang sebelumnya 24 persen dari jumlah penduduk sekarang tinggal hampir 10 persen, itupun akibat penduduk yang datang ke Kuansing mencari nafkah.
Karena itu jika dana APBD Riau dan APBN dapat diperbesar untuk Kuansing ujarnya, akan semakin cepat upaya menggesa pembangunan di daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh warga masyarakat. ( isa )

Berita Lainnya

Index