Kurang Pasokan Air, Tiga Tahun Warga Gagal Panen Padi Sawah

Kurang Pasokan Air, Tiga Tahun Warga Gagal Panen Padi Sawah
H Sukarmis reses di desa Pulau Ingu

TELUK KUANTAN - Warga desa Pulau Ingu, Benai sudah tiga tahun berturut turut mengalami gagal panen padi sawah.

Hal itu diutarakan Kepala Desa Pulau Ingu Simandolak, Dedi Kurniawan saat anggota DPRD Riau, H Sukarmis melakukan Reses di desa itu Kamis ( 18/12~2019) petang.

Padahal kata Dedi Kurniawan, dulu masyarakat desa Pulau Ingu bisa menyekolahkan anaknya dari hasil bertani padi. Tapi sejak mengalami gagal panen tiga tahun belakangan, ekonomi warga kian terpuruk, ditambah dengan harga karet yang tidak menentu.

Ironis sebut Dedi, kondisi memiriskan ini terjadi akibat ketidaksediaan air hingga sawah warga sering mengalami kekeringan yang berujung gagal panen terutama pada musim tanam musim kering. 

" Setahun terakhir pemerintah melalui program P3S, membangun jaringan irigasi. Tapi sayangnya, pembangunan irigasi tak diiringi dengan ketersediaan sumber air. Akibatnya tetap saja sawah warga terancam kering," kata Dedi lagi.

Oleh sebab itu, dirinya berharap Anggota DPRD Riau H Sukarmis, bisa memperjuangkan pembangunan sumur artesis sebagai sumber air bagi sawah warga.

Terkait permintaan warga itu, Sukarmis minta pihak pemerintah desa menyiapkan administrasi dan proposal, agar hal ini bisa segera di atasi dan diperjuangkan,.

" Tolong segera buat proposal nya, saya akan upayakan koordinasi dengan instansi terkait di Pemprov Riau,"pintanya. ( rls )

Berita Lainnya

Index