Kementrian Perdagangan Bangun Pasar di Desa Sumber Jaya

Kementrian Perdagangan Bangun Pasar di Desa Sumber Jaya
Kementrian Perdagangan. ( isa )

TELUK KUANTAN - Tahun anggaran 2013 ini Kementrian Perdagangan RI mengalokasikan dana bagi pembangunan pasar desa Sumber Jaya kecamatan Singingi Hilir. Pembangunan pasar desa yang berasal dari dekonsentrasi ini bakal dibangun oleh KUD Tunas Mukti yang ada di desa setempat.
" Untuk tahun lalu kan Kita tidak menerima, namun tahun 2013 ini Kita mendapatkan satu di desa Sumber Jaya ini," ujar Kadis Koperasi Industri dan Perdagangan Kuansing, H Tarmis, S.Pd diruang kerjanya, Selasa ( 20/3 ) siang.
Mengenai pola pelaksanaannya ujar Tarmis akan dilakukan secara swakelola oleh penerima dana ini yakni KUD Tunas Mukti. Karena itu dana dari kementria akan langsung masuk ke rekening KUD Tunas Mukti. Namun walaupun dibangun oleh KUD, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan dan sejumlah intansi tetap saja akan terlibat, seperti Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing.
 " Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan terlibat dalam pengawasan program, sementara Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang terlibat dalam masalah teknis, seperti penyusunan rencana anggaran biaya, perencanaan dan pengawasan teknis,"ujarnya.
Bahkan belum lama ini sudah masuk surat dari KUD Tunas Mukti ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang perihal permintaan untuk menyusun dokumen perencanaan dan RAB.
Mengenai besarnya dana untuk pembangunan pasar desa di Sumber Jaya itu ungkap mantan Sekwan DPRD Kuansing itu sebanyak Rp 900 Juta lebih. " Kurang dari Rp 1 Milyar dananya,"ujar Tarmis.
Ditanya mengapa KUD Tunas Mukti mendapatkan dana pembangunan tersebut, menurut Tarmis karena mereka telah memenui syarat yang ditetapkan kementrian. Karena mereka merupakan KUD yang cukup eksis dan juga diusulkan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kuansing. Setelah diusulkan awal Januari 2013 datang tim dari Kementrian untuk melakukan pendataan secara langsung baru dinyatakan layak.
Menurutnya KUD Tunas Mukti merupakan mitar kerjasama dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Surya Agrolika Reksa ( SAR ) yang bergerak dalam bidang penyediaan swalayan, pendistribusian pupuk dan aneka kebuutuhan masyarakat lainnya.
" Kita harapkan KUD Tunas Mukti nantinya mampu mengelola pasar yang akan dibangun, sehingga menjadi pusat dan sentra pedagangan barang dan jasa yang baik di desa ini,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index