Mahasiswa Fakultas Teknik UNRI Kunjungi Rumah Adat Kenegerian Sentajo

Mahasiswa Fakultas Teknik UNRI Kunjungi Rumah Adat Kenegerian Sentajo
Mahasiswa FT Unri di cagar budaya rumah adat kenegerian Sentajo

SENTAJO RAYA - Dalam rangka ulang tahun kesepuluh, mahasiswa program studi ( Prodi ) jurusan arsitektur Fakultas Teknik Universitas Riau mengadakan kegiatan Architectur on the Village di kompleks cagar budaya rumah adat kengerian Sentajondesa Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, Riau Sabtu (24/8 /2019).

Jumlah rombongan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan ini berjumlah 80 orang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 24 -25 Agustus 2019.

Disana mereka kegiatan menjelajah bangunan dan budaya koto sentajo diantara pengukuran bangunan, sketsa bangunan dan fotografi.

Ketua Milad 10th Arsitektur Unri, Indra Kuswoyo, ST, MT mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan silaturahmi dan kekompakan diantara mahasiswa dan dosen arsitektur semakin erat.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini, mahasiswa juga dikenalkan dengan kebudayaan Kenegerian Sentajo yaitu, Silat Pendekar Bertuah di halaman sosoran Pondam.

" Seperti yang disampakaikan pak Yus, Kaur Koto Sentajo dalam kegiataan ini mahaiswa dikenalkan dengan kuliner khas Koto Sentajo, yaitu Otun Udang dari sungai Kuantan, Konji anak Lobah dan Gulai Ubi kerasak Ikan Baung,"ujarnya gembira.

Kades Koto Sentajo Heprianto melalui Kaur Umum Madiyusman mengucapkan dan mengapresiasi pihak Universitas Riau yang selalu bekerja sama dengan Pihak Pemerintahan Desa dalam program Pengabdian kepada masyarakat Desa Binaan Universitas Riau.

" Kita berharap dengan adanya berbagai program UNRI ini kedepan Kebudayaan yang ada di Kenegerian Sentajo terutama tentang Adat semakin dikenal dan akan banyak para wisatawan yang berkunjung,"harapnya.

Turut hadir Ketua Jurusan Arsitektur UNRI Pedia Aldy, ST, MSc, Sekretaris Jurusan Mira Dharma S, ST, MT, Dosen Arsitektur UNRI, Gun Faisal ST, MSc, M. Arief Al Husaini, ST, MT, dan Mashuri, ST, MSc (yus)

Berita Lainnya

Index