logo Pilkada. ( isa )

Selasa-Rabu KPU Seleksi Anggota PPK

Selasa,18 Februari 2013 - 06:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN - Sesuai jadwal, Selasa (19/2) hingga Rabu ( 20/2 ) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing bakal melakukan seleksi terhadap 174 pendaftar yang lulus seleksi administrasi untuk ditetapkan menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). PPK ini selain bertugas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ( Pilgubri ) , kemungkinan besar juga akan menjadi PPK  pada Pemilu Legislatif ( Pileg ) dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ( Pilpres )
Pelaksanaan seleksi ini disampaikan anggota KPU Kuansing yang juga ketua Pokja Perekrutan PPK/PPS, Hanum Masnah, S.Pd saat dikonfirmasi wartawan, Senin (18/2)  siang di ruang kerjanya.
"Pendaftar yang telah dinyatakan lulus administrasi sudah kita umumkan di kantor Camat masing-masing, dan besok (hari ini-red) Kita langsung laksanakan seleksi dengan melakukan tes wawancara,"ujar Hanum.
Secara keseluruhan jumlah pendaftar menurut Hanum sebanyak 174 orang dengan rincian, Kecamatan Kuantan Tengah 13 orang, Sentajo Raya 11 orang, Gunung Toar 12 orang, Benai 12 orang, Kuantan Mudik 20 orang, Kuantan Hilir 15 orang, Hulu Kuantan 10 orang, Kuantan Hilir Seberang 9 orang, Pangean 10 orang, Singingi 6 orang, Inuman 17 orang, Cerenti 11 orang, Logas Tanah Darat 12 orang, Pucuk Rantau 7 orang dan Singingi Hilir 9 orang.
"Tes akan kita lakukan selama dua hari, Selasa-Rabu besok, dan kita sudah bagi 2 tim untuk menyeleksi yang kesemuanya adalah komisioner (anggota) KPU,"ujarnya.
Adapun Kecamatan yang akan tes pada hari Senin besok (hari ini-red) adalah Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Guntor, Benai, Kuantan Mudik, Kuantan Hilir, Hulu Kuantan dan Kuantan Hilir Seberang. Kemudian dilanjutkan pada hari Rabu, Singingi, Singingi Hilir, Pangean, LTD, Pucuk Rantau, Inuman dan Cerenti.
Ada pun materi tes yang akan diuji nanti menurut Hanum diantaranya adalah pemahaman tentang peraturan Pemilu, Independensi dan integritas dan kepribadian.
Lebih lanjut Hanum menjelaskan, sesuai tahapan Pilgubri 2013 ini setelah perekrutan PPK ini kemudian dilanjutkan dengan perekrutan PPS dan KKPS. Setelah itu baru mereka akan melakukan tahapan selanjutnya seperti pemutahiran data dan sebagainya.
Sementara untuk perekrutan PPK, PPS dan KPPS ini menurut Hanum akan diupayakan tuntas sampai 28 Februari mendatang."Target kita 28 Februari nanti sudah kita lakukan pelantikan,"pungkasnya.
Saat ditanya soal masa tugas PPK yang akan ditetapkan ini, menurut Manum Hasna untuk tahap awal mereka bertugas untuk Pilgubri. Namun untuk efisiensi waktu tampaknya mereka juga akan berugas di Pileg dan Pilpres. Namun demikian jika tugas mereka diperpanjang tentu saja mereka akan dikukuhkan lagi untuk PPK Pileg dan Pilpres. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Politik

Besok, PPL Pilkada Kecamatan Sentajo Raya Dilantik

Senin,13 September 2015
Politik

3-17 Juni DCS Caleg Diumumkan

Selasa,01 April 2013