Salah satu lampu colok yang akan dinyalakan pada malam takbiran di kenegerian Kari. ( ktc )

Meriahnya Malam Idul Fitri di Kuansing dengan Lampu Colok

Sabtu,24 Juni 2017 - 12:41:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Salah satu yang membuat kerinduan dan ingin mudik para perantau saat lebaran Idul Fitri ingin mendapatkan suasana lebaran ala perkampungan  yang sarat dengan nila-nilai keluargaan, kebersamaan dalam kemeriahan.

 

Baik pada malam takbiran, sholat Ied bersama, doa rumah kerumah, doa persukuan dan doa keluarga besar  yang sebagian besar masih bertahan di pedesaan dan berkumpul bersama keluarga tercinta dan handai taulan.

 

Khusus pada malam takbiran, selain ditunggu para perantau termasuk orang dikampung halaman yakni festival lampu colok yang juga masih dipertahankan. Bagi yang ingin menyaksikan parade lampu colok dapat melihatnya Kenegerian Kari, seluruh desa kecamatan Gunung Toar, kecamatan Kuantan Mudik hingga Hulu Kuantan, termasuk juga dikawasan hilir sungai Kuantan.

Kesemarakan dan kemeriahan lampu colok beraneka variasi dan corak akan terlihat jika berjalan kearah Kenegerian Kari, Gunung Toar dan Kuantan Mudik hingga HuluKuantan pada malam takbiran. Suasana malam menyambut lebaran sangat terasa sekali diselingi pawai takbir berjalan yang dilakukan disetiap desa..

Begitu juga saat  lampu colok akan dinyalakan. Anak-anak termasuk para pemuda terlihat penuh suka cita menyalahkan lampu colok yang ada disepanjang jalan. Kemeriahan dan kebersamaan sudah terlihat saat mempersiapkan lampu colok, mulai dari mencari kayu tonggak, mencari botol, memasang tonggak hingga memasang botol.

Pekerjaan mempersiapkan lampu colok dilakukan di surau-surau. Para pemuda berbagi tugas, selain mempersiapkan lampu colok juga ada yang mengumpulkan bantuan dari donator.

“ Walau gotong royong ditengah puasa, tapi kalau melihat lampu colok sudah hidup capek hilang. Bahagia melihat anak-anak dan orang yang lewat gembira melihat lampu colok,setidaknya lampu colok pertanda kemeriahan hari raya Idul Fitri,'ujar Kepala Dusun I Desa Pisang Berebus, M Kifti. ( isa )

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT