Camat Irfansyah dan Upika serta ninik mamak saat prosesi mandi balimau kasai di Tepian Pantai Muara

Dibuka Camat Singingi, Balimau Kasai di Muara Lembu Berlangsung Semarak dan Meriah

Senin,28 Mei 2017 - 12:43:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

MUARA LEMBU - Tepian Pantai kelurahan Muara Lembu kecamatan Singingi sejak lama menjadi lokasi prosesi Mandi Balimau Kasai di kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau yang paling dikenal. Setiap tahun prosesi mandi balimau menjelang bulan puasa senantiasa dibanjiri ribuan orang dan telah menjadi salah satu objek wisata tradisi yang terkenal di negeri jalur.

Seperti Jumat (27/5/2017 ) kemarin, walau mandi balimau tahun ini hanya menghadirkan Upika Singingi berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, namun demikian, prosesi mandi balimau berlangsung semarak, khidmat dan diikuti antusias oleh masyarakat yang hadir dari berbagai daerah di Kuansing .

Apalagi guna menyemarakkan prosesi mandi balimau kasai tersebut, juga digelar Kejuaraan Motocross, yang juga rutin digelar setiap tahunnya.

Camat Singingi, Irfansyah, SIP yang mengatasnamakan Pemkab Kuansing membuka acara mandi balimau tersebut. Birokrat muda iji hadir di tengah masyarakat Singingi beserta para Upika, para datuk, para ninik mamak serta para kepala desa se-Singingi.

Disaksikan ribuan warga , Irfan beserta upika dan para ninik mamak memulai tradisi mandi Balimau denhan menyirami air yang telah disiapkan secara adat kepada sejumlah anak, sebagai simbol membersihkan diri dari kotoran menghadapi ibadah selama bulan puasa Ramadan.

"Alhamdulillah, acaranya sukses. Tentu kami mengajak seraya mengimbau kepada masyarakat agar terus melestarikan tradisi ini, sebuah tradisi bagi kita untuk menyambut Ramadan," ucap anak jati Singingi ini , usai acara, kemarin saat dikonfirmasi wartawan.( utr)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT